Resep Memasak Bihun Kuah Sedap

Beberapa waktu yang lalu blog ini pernah membahas sebuah masakan yang sangat akrab ditelinga masyarakat Indonesia yaitu bihun goreng, maka untuk artikel kali ini juga masih masakan yang terbuat dari bahan yang sama dan tidak kalah populernya yaitu apa yang disebut-sebut sebagai bihun kuah/rebus. Kedua masakan seperti ini pada umumnya juga mudah untuk bisa kita temukan dari penjual yang sama atau dengan kata lain apabila ada orang yang menjajakan yang digoreng pasti juga menjual yang dimasak dengan cara direbus.

Masakan seperti ini memiliki rasa yang begitu gurih dan sedap, selain itu sesuai dengan namanya terdapat kuah dalam masakan ini, sehingga akan lebih nikmat jika disantab ketika dalam keadaan masih hangat. Selain itu masakan seperti ini juga mampu membuat kenyang yang memakannya walaupun tanpa disantab dengan nasi, dan juga lebih cocok jika disantab ketika cuaca dingin tidak seperti yang di goreng yang cocok disantab kapan saja.

Masakan seperti ini merupakan salah satu dari sederetan masakan legendaris Indonesia, walaupun mie yang berukuran tipis seperti ini sendiri konon kabarnya berasal dari Tiongkok yang tersebar dibeberapa negara termasuk Indonesia. Sebagai masakan yang sedap dan nikmat, tentu masakan tradisional ini sangat digemari oleh masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa dari segala kalangan masyarakat, selain sebagai masakan legendaris tentu saja sudah banyak orang yang bisa membuatnya yang resepnya didapat secara turun-temurun.

Namun jika ada diantara anda ada yang belum pernah sama sekali membuatnya, pada kesempatan yang indah ini kami juga akan sedikit berbagi tentang salah satu resepnya.

Resep
1 bungkus bihun, siram air panas dan rendam kira-kira 5 menit kemudian tiriskan
175 gram daging ayam, digoreng kemudian disuwir-suwir
2 buah wortel, iris tipis-tipis
3-4 lembar daun kol(kubis), dipotong-potong
3 buah kekian, dipotong-potong
5 sendok makan kecap asin
3 gelas air
Daun Sledri secukuonya, iris halus
Bawang goreng secukupnya, untuk taburan
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu
4 bawang putih
1 sendok kecil merica
Garam secukupnya
vitsin secukupnya(optional bila suka)
3 iris tomat

Cara Memasak
  • Haluskan bawang putih, garam dan merica kemudian tumis dengan sedikit minyak bersama tomat, kemudian tunggu hingga harum
  • Masukan wortel yang sudah diiris-iris aduk hingga lunak, kemudian masukan kubis dan tutup sebentar
  • Tuangkan air dan tunggu hingga mendidih, kemudian masukan kecap dan vitsin 
  • Masukan bihun, kekian dan sledri aduk sampai rata dan tunggu hingga matang
  • Siap disajikan bersama ayam goreng disuwir-suwir dan bawang merah goreng
Sebagai tambahan untuk kekian diatas, bisa menggunakan kekian sederhana dan cara membuatnya adalah 125 gram terigu campurkan dengan 1/2 gelas air dan 1 butir telur dikocok, dan berilah bumbu 2 siung bawang putih yang dihaluskan dan sedikit garam. Campurkanlah semuanya dan aduk hingga merata, kemudian ambil  1 sendok sayur adonan tiap kekiannya dan gorenglah hingga kekuningan.

0 comments:

Post a Comment