Resep Memasak Sup Jagung Manis

Seperti kita ketahui semua jika masakan sup adalah salah satu jenis masakan legendaris dunia yang sangat disukai, karena selain lezat namun juga sehat, selain itu juga cukup beragam jenisnya yang mungkin tiap negara juga memiliki ciri khas masing-masing, bahkan di Indonesia sendiri masakan ini juga cukup beragam variannya yang dibedakan atas bahan yang digunakan. Salah satu yang bisa dibilang populer ditengah masyarakat Indoensia adalah apa yang disebut-sebut sebagai sup jagung, yang mungkin tidak asing buat kita semua.

Sesuai dengan namanya tentu saja jika masakan ini terbuat dari jagung khususnya jenis jagung manis sehingga rasanya akan lebih lezat. Selain itu yang juga menjadi ciri khas dari sup jagung adalah digunakannya bahan telur ayam kocok untuk membuatnya, sehingga kuahnya seperti dipenuhi dengan buliran telur dan kuahnya juga terasa lebih kental jika dibandingkan dengan jenis yang lain.

Pada umumnya masakan seperti ini juga lebih disukai oleh anak kecil jika dibandingkan dengan jenis sup yang lain, hal ini mungkin karena masakan ini menggunakan jagung manis sehingga rasanya juga lebih manis yang membuat banyak anak-anak yang suka dengan masakan ini. Namun selain itu juga bisa ditambahkan bahan lainnya contohnya wortel seperti pada umumnya hingga daging ayam atau sosis sesuai selera.

Sebagai masakan legendaris yang resepnya ditularkan secara turun-temurun, tentu sudah banyak yang bisa membuatnya. Namun mungkin ada diantara anda yang sedang belajar memasak, dan ingin mencoba membuat masakan seperti ini, maka pada kesempatan kali ini blog ini juga akan sedikit berbagi tentang resep dan cara memasaknya.
Resep
3 buah jagung manis, disisir
2 telur ayam, dikocok
3 buah wortel, potong dadu kecil-kecil
350 gram daging ayam, potong dadu
2 liter air
Bawang merah goreng secukupnya, untuk taburan
Daun seledri iris halus secukupnya, untuk taburan

Bumbu
4 siung bawang putih, haluskan
1 sendok kecil merica, haluskan
3 iris bawang bombay
garam secukupnya
Sedikit pala
1 sendok makan gula pasir

Cara memasak
  • Rebuslah daging dengan 2 liter air hingga mendidih
  • Dilain tempat tumislah bawang bombay hingga layu, kemudian masukan bawang putih dan merica kemudian aduk hingga harum.
  • Masukan wortel aduk sebentar, kemudian masukan jagung aduk kembali hingga semuanya lunak dan bumbunya tercampur
  • Jika sudah masukan wortel, jagung dan bumbu tumis kedalam air rebusan daging nomor 1 diatas
  • Masukan pala, garam dan gula pasir kemudian tutup, tunggu hingga empuk
  • Jika sudah masukan kocokan telur kemudian aduk terus hingga telur tercampur dan matang berwarna keputihan.
  • Sajikan dengan ditabur bawang merah goreng dan seledri iris halus
Sekarang hidangan anda sudah jadi, selain itu masakan seperti ini cocok jika kita makan tanpa nasi atau juga bisa disantab bersama nasi yang diberi lauk-pauk sesuai dengan selera.

0 comments:

Post a Comment