Resep Membuat Kering Ubi Jalar Pedas

Ubi Jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis ubi-ubian yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang enak, murah harganya dan juga bisa membuat perut kita kenyang. Jenis ubi seperti ini bisa diolah menjadi beragam macam makanan, bahkan jika hanya direbus saja umbi-umbian seperti ini sudah terasa cukup nikmat dan juga memiliki rasa yang agak manis dan khas.

Salah satu hasil olahan dari ubi ini adalah apa yang disebut sebagai Kering Ubi Jalar yang mungkin sebagian dari anda pernah menjumpainya dan mencicipinya. Makanan seperti ini adalah berupa camilan seperti keripik, namun dilapisi dengan bahan gula merah berserta bumbu-bumbu lainnya sehingga rasanya manis gurih agak pedas, dan cocok untuk kita jadikan sebagai camilan ketika waktu senggang.

Kering ubi jalar dibeberapa daerah sering dijual diwarung-warung dalam perkampungan maupun pasar tradisional, dimana kemasannya adalah berupa plastik kecil dan memiliki harga yang murah meriah dan ringan dikantong siapa saja. Jika dilihat dari bentuknya camilan seperti ini berbentuk tipis-tipis berwarna cokelat dan agak mirip dengan kering kentang, namun tentu saja keduanya memiliki cita rasa yang berbeda.

Sebagai keripik tradisional, mungkin sudah banyak diantara anda yang bisa membuatnya. Namun mungkin ada juga yang belum pernah membuatnya, dan sedang memiliki persediaan ketela rambat dirumah, maka pada kesempatan ini blog ini juga akan sedikit berbagi tentang resep maupun cara membuat kering ubi jalar pedas.
Resep
500 gram ubi jalar, kupas dan bersihkan kemudian iris-iris tipis dan goreng hingga kering
1 gelas air

Bumbu
5 bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
10 cabe merah keriting, diiris-iris
4 cabe rawit(atau sesuai selera), diiris-iris
200 gram gula merah, disisir
1 lembar daun lengkuas
1 potong kecil lengkuas
Garam secukupnya
vitsin secukupnya(bila suka)

Cara membuat
1. Tumislah bawang merah, bawang putih, cabe keriting dan cabe rawit dengan sedikit minyak hingga mengeluarkan aroma
2. Jika sudah masukan air, daun salam, lengkuas, garam, vitsin, dan gula merah, kemudian aduk hingga mendidih. Tunggu hingga sedikit susut
3. Masukan ubi ketela rambat yang sudah digoreng sebelumnya, kemudian aduk hingga semuanya merata dan matang.
4. Siap untuk disajikan.

0 comments:

Post a Comment