Resep Es Pisang Ijo Segar Nikmat

Ketika siang hari apalagi cuaca sedang panas, hidangan yang paling cocok tentu saja adalah es yang segar untuk melepas rasa dahaga yang kita rasakan. Baru-baru ini ada salah satu jenis hidangan es yang sedang populer dan sangat digandrungi oleh masyarakat diberbagai daerah di Indonesia, dan nama dari hidangan ini adalah es pisang ijo. Bisa dibilang jenis sajian pelepas dahaga ini memang sedang ngetrend didunia kuliner nusantara, karena rasanya yang segar dan khas sehingga dari anak-anak hingga orang dewasa akan suka padanya.

Es pisang ijo sesuai dengan namanya terbuat dari buah pisang raja, namun walaupun nama belakangnya ijo(yang berarti hijau), bukan berarti pisang yang digunakan adalah pisang yang masih hijau atau mentah. Akan tetapi pisang raja tersebut dibungkus oleh adonan tepung yang berwarna hijau alami, karena menggunakan pewarna air daun suji, dan ketika digigit juga sedikit agak kenyal pada bagian kulitnya tersebut. Hal inilah yang membuat es pisang ijo sangat khas, yaitu perpaduan rasa buah pisang raja yang manis dibalut dengan adonan tepung yang agak kenyal.

Selain itu kuah yang digunakan untuk es pisang ijo juga sangat segar karena berupa kuah santan yang kental, bahkan ada yang bisa dibilang mirip dengan bubur sumsum. Kemudian kuah tersebut ada yang disiram dengan sirup coco pandan, namun ada juga yang disiram dengan susu kental manis cokelat yang disesuaikan dengan selera. Untuk menambah kesegarannya tentu saja kuliner ini diberi es batu yang dihancurkan atau es serut, juga beberapa bahan lain untuk variasi seperti meises, parutan keju dan lain-lain.

Sesuai dari sumber yang kami dapatkan es pisang ijo merupakan kuliner khas Sulawesi Selatan terutama kota Makassar, namun sudah banyak tersebar diluar daerah. Untuk mendapatkannya para pedagang biasanya berada di alun-alun kota, kedai-kedai makan hingga restoran-restoran, yang memiliki variasi sendiri-sendiri. Namun jika anda tertarik untuk membuatnya sendiri, berikut adalah resep dan cara membuat es pisang ijo.
Resep Es Pisang Ijo
5-6 buah pisang raja  
150 gram tepung beras  
50 gram tepung sagu   
250 ml santan  
Garam dan gula pasir secukupnya
Air daun suji dari 100 ml air, 10 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan

Bahan saus santan

500 ml santan  
1 sendok makan tepung beras(jika suka lebih kental seperti bubur bisa ditambahkan sesuai selera)     
2 helai daun pandan simpulkan
Garam secukupnya

Bahan pelengkap
Es Serut
Sirup Coco pandan/frambozen
Meises(optional bila suka)

Cara membuat
1. Campurkan tepung beras dan tepung sagu, bersama dengan gula pasir, garam, santan, serta air perasan daun suji dan pandan, kemudian aduk merata hingga kalis
2. Pipihkan adonan kulit diatas, kemudian gunakan untuk menggulung pisang raja yang telah dikupas
3. Jika sudah kukuslah pisang raja yang telah digulung adonan kulit, hingga kulit berwarna hijau tua dan matang. Kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian untuk setiap pisangnya.
4. Buatlah saus santannya, caranya campurkan semua bahan saus santan kemudian rebus hingga mendidih
5. Siapkan mangkuk masukan potongan pisang ijo, kemudian saus santan, es serut, siram dengan sirup coco pandan, dan taburi meises bila suka. Sekarang es pisang ijo siap disajikan untuk disantab 

0 comments:

Post a Comment