Resep Memasak Balado Terong Pedas Manis

Terung atau orang Jawa lebih mengenalnya sebagai Terong yang memiliki nama binomial Solanum melongena adalah sebuah tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi. Tumbuhan ini kabarnya berasal dari negara India dan Sri Lanka, yang kemudian tersebar luas dibeberapa negara lain termasuk Indonesia, yang pada umumnya berwarna hijau muda hingga ungu yang sering ditanam secara tahunan.

Di Indonesia sendiri sayuran ini sering dijadikan beragam macam masakan yang rasanya nikmat dan segar, dan salah satunya yang cukup populer adalah apa yang disebut-sebut sebagai balado terong, yang mungkin anda semua pernah mencicipinya. Masakan tradisional ini memiliki rasa yang pedas namun terkadang ada juga yang terasa pedas manis, sehingga disukai oleh banyak orang. Selain itu jika dilihat dari bentuknya masakan ini  berupa terung yang dipotong-potong yang dilumuri oleh cabe merah yang dihaluskan, sehingga terlihat ranum dan menggoda apabila kita melihatnya.  

Masakan balado seperti ini sudah populer sejak jaman dahulu yang resepnya didapat secara turun-temurun, sehingga bisa dikatakan bagi ibu-ibu rumah tangga maupun para penghobi memasak sudah pasti bisa membuatnya. Selain itu masakan ini juga cocok jika disantab dengan nasi putih hangat bersama dengan tahu dan tempe goreng, namun selain itu juga cocok untuk disantab dengan beberapa jenis masakan sayur lainnya.

Namun walaupun demikian, mungkin ada diantara anda yang belum pernah sama sekali membuat masakan seperti ini dan ingin mencobanya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep beserta cara membuat dari masakan ini bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri.

Resep Terong Balado
500 gram terong ungu
3 sendok makan minyak untuk menumis
1/2 gelas air
200 gram gula merah, disisir
2 lembar daun jeruk purut

Bumbu Halus
200 gram cabe merah
50 gram cabe rawit(atau sesuai selara)
4 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 butir tomat
Trasi dan garam secukupnya
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara Membuat 
  • Bersihkan terong kemudian buang pangkalnya, belah horizontal menjadi dua bagian dan potong-potong agak kecil. Jika sudah gorenglah terlebih dahulu setengah matang
  • Haluskan semua bahan bumbu halus diatas, kemudian tumislah dengan 3 sendok minyak hingga matang dan harum
  • Masukan gula merah, daun jeruk, berserta terong yang telah digoreng, aduk rata kemudian tutup hingga lunak.
  • Tuangkan setengah gelas air agar tidak lengket, kemudian tunggu sebentar hingga benar-benar masak.
  • Angkat dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment