Resep Memasak Sayur Bening Bayam

Bayam (Amaranthus spp) adalah sejenis sayuran hijau yang digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi, dan dijadikan sebagai beraneka macam masakan. Salah satunya adalah yang sering kita kenal dan jumpai yaitu masakan sayur bening bayam yang rasanya sangat nikmat dan segar untuk disantab. Masakan ini sudah umum dibuat oleh masyarakat sebagai hidangan makan untuk keluarga, namun terkadang ada juga warung-warung makan yang menjajakan masakan ini bersama nasi.

Rasa dari masakan ini sendiri adalah gurih dan juga ada rasa sedikit manis yang khas, sehingga tidak hanya disukai oleh orang dewasa namun juga anak-anak. Secara umum dibeberapa daerah dalam membuat masakan ini juga diberi bahan lain seperti Gambas atau oyong(Luffa acutangula), dan juga jagung maupun wortel yang diiris-iris, sehingga akan membuat rasanya akan menjadi lebih segar, dan memiliki penampilan yang lebih menarik.

Sesuai dengan namanya yaitu sayur bening bayam, masakan ini juga memiliki kuah yang bening, dan cocok dihidangkan dengan nasi hangat bersama tahu dan tempe goreng, hingga ayam goreng. Namun selain itu terkadang beberapa orang juga suka menyantab masakan ini tanpa nasi karena memiliki kuah yang segar, dan orang-orang Jawa lebih sering menyebutnya digado(menyantab sayur atau lauk tanpa nasi).

Sebagai salah satu jenis masakan legendaris secara turun-temurun, tentu sudah banyak yang sudah bisa membuat masakan ini terutama ibu-ibu rumah tangga. Namun mungkin ada diantara anda yang belum pernah membuatnya sama sekali, dan ingin ingin mencoba untuk membuatnya sendiri. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep maupun cara membuat sayur bening bayam tersebut.
Resep
1 ikat sayur bayam
1 buah gambas, hilangkan kulitnya dan potong vertikal agak tipis-tipis
2 buah wortel, potong tipis-tipis(optional bila suka)
1 buah jagung muda, potong vertikal menjadi 5 bagian
1 sendok makan bawang goreng (optional bila suka)
1 liter air

Bumbu

4 bawang merah iris tipis-tipis
1 jari kelingking kunci, dikeprek
1/2 buah tomat, dipotong-potong
1 sendok kecil gula pasir
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara Membuat

1. Rebus air hingga panas, kemudian masukan bahan bumbu diatas bersama wortel dan jagung, tunggu hingga mendidih agar wortel dan jagung agak lunak.
2. Jika sudah mendidih kemudian masukan bayam dan gambas, tunggu hingga semuanya lunak dan matang.
3. Angkat kemudian taburlah dengan bawang goreng diatasnya.

0 comments:

Post a Comment