Resep Membuat Kue Iwel-Iwel Khas Jawa

Jika sebelumnya kami pernah membahas kuliner tradisional khas Lombok yaitu kue iwel ketan hitam, maka untuk artikel kali ini mari kita menuju ke Jawa karena ada sebuah camilan tradisional yang namanya agak mirip. Kue ini adalah iwel-iwel yang menurut kami sudah agak langka yang membuatnya dan jika ada mungkin hanya dibeberapa daerah saja terutama dikampung-kampung ketika ada acara tertentu. Jika kuliner dari Lombok berwarna hitam dan lebih mirip dengan dodol, sedangkan iwel-iwel di Jawa Tengah dibungkus dengan daun pisang yang disemat lidi.

Keduanya terbuat dari bahan yang cukup mirip yaitu ketan yang dihaluskan atau diselep, bersama dengan gula merah dan kelapa parut. Namun perbedaan lainnya adalah jika kue khas Lombok menggunakan ketan hitam, sedangkan untuk makanan khas dari Jawa Tengah tersebut mengggunakan ketan putih. Selain itu cara membuatnya juga berbeda yaitu jika camilan tradisional Lombok tersebut seluruh bahan dicampur menjadi satu, sedangkan kue tradisional yang satu ini untuk gula merahnya dijadikan sebagai bahan untuk isi. 

Kuliner tradisional ini memiliki rasa yang manis dan ketika digigit terasa agak sedikit kenyal, dan hal inilah yang menjadikannya sebagai daya tariknya. Menurut saya pribadi kue ini juga ada sedikit kemiripan rasa dengan mendut, namun bentuknya berbeda dan selain itu kue iwel-iwel tanpa menggunakan saus santan, tidak berwarna-warni, dan isinya juga hanya gula merah tidak seperti mendut yang berisi bahan unti.

Bagi anda yang pernah merasakannya, mungkin anda merindukan kembali nikmatnya menu tradisional seperti ini, dan bagi anda yang belum pernah sama sekali mencicipinya mungkin juga penasaran seperti apakah rasanya. Oleh karena itu ada baiknya jika kita mencoba untuk membuatnya sendiri, karena sebenarnya juga tidak terlalu sulit. Apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resepnya

Resep
500 gram tepung ketan putih(untuk masyarakat dahulu menggunakan beras ketan kemudian direndam dan diselep menjadi tepung, namun jika tidak ingin repot gunakan tepung ketan siap saji saja)
1/2 Butir kelapa agak muda kemudian diparut
150 gram gula merah, sisir
Garam secukupnya
Daun pisang dan potongan lidi untuk membungkus

Cara Membuat
1. Campurkan semua bahan diatas kecuali daun pisang dan lidi, kemudian aduklah hingga merata
2. Ambil 2 sendok makan adonan, kemudian letakan pada potongan  daun pisang dan isilah gula merah sisir ditengahnya. Tutup bungkusnya dan semat dengan lidi
3. Jika sudah kukuslah dengan api sedang hinga matang.

0 comments:

Post a Comment