Resep Membuat Kue Iwel Hitam Manis

Jika di Jawa Barat kita mengenal salah satu kuliner khas setempat yang bernama dodol, dan jika di Jawa Tengah juga ada jajanan tradisional yang cukup mirip dengan dodol yaitu jenang, dan ternyata di daerah Lombok juga ada kue tradisional yang cukup mirip dengan dodol dan jenang yaitu apa yang dinamakan dengan kue Iwel.

Kue ini berwarna hitam karena terbuat dari bahan dasar yaitu ketan hitam, dan juga memiliki rasa yang manis khas karena menggunakan bahan pemanis gula merah. Selain itu kue yang sangat legit ini berdasarkan dari sumber yang telah kami dapatkan cukup mudah untuk bisa ditemukan ketika upacara tradisi masyarakat, dan menjadi salah satu jenis kue khas tradisional masyarakat Lombok yang menjadi kekayaan budaya kuliner dan tradisi turun-temurun yang patut untuk selalu dilestarikan.

Bagi anda yang sedang berlibur ke Lombok mungkin bisa berburu jenis kue ini untuk mencicipinya atau untuk oleh-oleh, namun sayangnya bagi kita yang berada diluar daerah tersebut akan kesulitan untuk bisa menemukannya. Padahal mungkin anda juga bisa dibuat penasaran dengan kue Iwel seperti ini dan seperti apakah rasanya, sedangkan kue seperti ini hanya banyak ditemukan di Lombok.

Jika anda penasaran dengan kue Iwel namun berada diluar daerah dan tidak sempat berlibur ke Lombok, maka tentu saja jalan terbaik adalah dengan membuatnya sendiri. Sebenarnya cara membuatnya cukup mudah dan tidak membutuhkan bahan yang terlalu banyak, selain itu juga bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk bisa ditemukan dipasar-pasar tradisional. Oleh karena itu jika anda tertarik untuk membuatnya sendiri berikut adalah resep dan cara membuatnya.
Resep Kue Iwel
1KG ketan hitam, sangrai
500 gram kelapa parut disangrai
400 gram gula merah sisir dan lelehkan
100 ml air
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Tumbuklah ketan hitam sangrai atau dihaluskan dengan mesin hingga menjadi tepung.
2. Campurkan tepung ketan hitam, kelapa parut, gula merah dan garam, kemudian aduk hingga merata.
3. Jika sudah kemudian tuangkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis dan bisa dibentuk
4. Siapkan cetakan-cetakan berukuran kecil yang diolesi mentega, masukan adonan kemudian kukus hingga matang kira-kira 25 menit

Bagaimana cukup mudah bukan, sekarang kue Iwel anda sudah jadi tinggal kita nikmati bersama keluarga maupun teman-teman anda dengan segelas teh pasti rasanya akan lebih nikmat. Terlebih lagi dengan membuat sendiri bagi kita yang belum sempat berlibur ke Lombok dengan berbagai alasan, sekarang sudah bisa mencicipi kue Iwel yang populer di daerah Lombok tersebut.

0 comments:

Post a Comment