Cara Membuat Keripik Buah Nangka

Nangka (Artocarpus heterophyllus) adalah sejenis buah yang memiliki rasa yang sangat manis dan aromanya juga sangat harum, dan sangat digemari oleh masyarakat baik dimakan langsung atau diolah kembali sebagai campuran dalam membuat kue hingga minuman. Buah ini ketika matang dagingnya akan berwarna oranye kekuningan dan oleh orang-orang luar negeri lebih dikenal dengan nama yang cukup unik yaitu jackfruit. Selain kue dan minuman dalam perkembangannya buah nangka juga bisa diolah menjadi camilan kering yaitu berupa keripik, yang menurut saya sedang ngetrend dan disukai oleh masyarakat.

Karena camilan kering ini terbuat dari buah tersebut tentu saja, lebih dikenal dengan nama keripik nangka yang rasanya sangat khas dan ketika digigit juga renyah. Makanan kering seperti ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh untuk camilan dirumah, dan untuk sekarang lebih mudah ditemukan disuper market atau toko-toko dengan harga dan kemasan yang cukup beragam. Mungkin bagi anda yang belum pernah tahu dengannya akan merasa penasaran, karena ternyata buah juga bisa diolah menjadi camilan yang renyah.

Jika pada umumnya jenis keripik lain dimasak dengan cara penggorangan biasa, namun untuk keripik buah termasuk keripik nangka  seperti ini dimasak dengan cara khusus yaitu dengan bantuan alat atau mesin penggorengan yang bernama Vacuum Frying(vacum fryer atau mesin penggoreng hampa udara). Mesin seperti memang khusus untuk menggoreng buah atau sayuran, dimana mesin ini memungkinkan penggorengan dengan suhu rendah(70 derajat Celcius atau 80 derajat Celcius) dan suhu bisa dengan mudah dikendalikan sehingga tidak gosong. Seperti kita ketahui titik didih untuk penggorengan biasa bisa mencapai 160 derajat celcius, sedangkan tidak semua bahan seperti buah dan sayuran bisa digoreng dengan suhu yang terlalu tinggi, sehingga diciptakan mesin seperti ini.

Bagi anda semua yang ingin mencoba membuatnya sendiri, pada artikel ini kami juga akan membahas tentang resep maupun cara mengolahnya. Jika anda tertarik silahkan baca uraian yang ada dibawah ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
1500 gram buah nangka, pilihlah yang agak muda
225 gram gula pasir
100 gram garam
3 liter minyak goreng
2 liter air
Air kapur sirih secukupnya untuk merendam

Cara membuat
1. Buanglah bijinya dan belahlah dagingnya, kemudian rendam didalam air kapur sirih kira-kira 5 jam. Jika sudah cucilah bersih dan tiriskan hingga kering
2. Masukan nangka dengan mesin Vacuum Frying dengan minyak, dan suhu tidak lebih dari 90° Celcius. Gorenglah hingga buih minyak berkurang dan matang, kemudian tiriskan
3. Simpanlah didalam plastik yang kedap udara agar rasa dan kerenyahannya tetap terjaga.

0 comments:

Post a Comment