Resep Membuat Kue Bugis

Satu lagi sebuah kue tradisional legendaris yang ada di negeri kita yang tercinta ini, yang sangat disukai oleh masyarakat yaitu yang bernama kue Bugis. Kue ini terbuat dari adonan tepung ketan yang pada bagian dalamnya berisi adonan gula merah dan parutan kelapa, yang kemudian dibungkus oleh daun pisang. Sehingga jika demikian kue ini juga akan mengingatkan kita dengan sebuah kue yang ada di Kotagede Yogyakarta, yaitu kue yang bernama kue kipo.

Secara umum kue ini memang memiliki persamaan yaitu dari bahan yang digunakan maupun bahan isinya, namun jika kue Kipo dimasak dengan cara dipanggang sedangkan untuk yang satu ini dimasak dengan cara dikukus. Namun tentu saja keduanya memiliki rasa yang sama-sama lezat yang menjadi kekayaan kuliner tradisional tanah air yang harus selalu kita lestarikan.

Seperti kue Kipo, kemudian kue Koci maupun kue Mendut, untuk kue Bugis ini juga memiliki rasa yang manis karena bahan isinya, dan ketika digigit juga akan terasa kenyal dan sedikit lengket. Sehingga hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri dari kue khas seperti ini, sehingga akan disukai oleh masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selain itu pada umumnya dalam membuat kue ini juga digunakan pewarna hijau alami yaitu air perasan daun pandan dan daun suji, sehingga kue ini juga akan terlihat menarik dengan warna hijau yang alami. Tidak perlu berpanjang lebar lagi, bagi anda yang ingin mencoba membuat kue Bugis dirumah, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep
Bahan kulit:
350 gram tepung ketan putih
225 ml santan
50 ml air daun suji dan pandan
Garam secukupnya

Bahan isi
250 gram kelapa agak muda, kemudian diparut
225 gram gula merah
2 lembar daun pandan, simpulkan
150 ml air
Garam secukupnya

Bahan Pembungkus
Daun Pisang

Cara Membuat
1. Buatlah bahan isinya, campurkan semua bahannya kemudian masak hingga santannya mengering.
2. Buatlah bahan kulitnya, campurkan tepung ketan dengan garam, kemudian tuangkan santan beserta air daun suji sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
3. Jika sudah ambil adonan kulit 1 sendok makan dan isilah dengan 1 sendok kecil bahan isi, kemudian bulatkan dan letakan diatas daun pisang. Ulangi sampai adonan habis.
4. Kukuslah hingga matang, kemudian angkat dan jika sudah hangat bungkuslan dengan potongan daun pisang dengan rapi bentuk segitiga.

0 comments:

Post a Comment