Resep Sayur Nangka Muda aka Sayur Gori Jawa

Nangka merupakan sejenis buah-buahan yang sangat digemari oleh masyarakat karena ketika sudah masak buah ini memiliki rasa yang sangat manis dan aroma yang sangat harum. Namun selain itu fakta menarik dari buah ini sendiri selain bisa dikonsumsi ketika sudah masak, yaitu juga bisa dikonsumsi ketika buah nangka masih muda atau masih mentah. Hal tersebut salah satunya adalah dengan cara mengolahnya menjadi sebuah masakan yang sering dikenal sebagai sayur nangka muda.

Masakan seperti ini sudah sangat umum disajikan dalam kehidupan rumah tangga oleh penduduk Indonesia, sehingga tentu saja untuk ibu-ibu rumah tangga pasti bisa membuatnya. Selain itu masakan khas Indonesia ini mungkin juga memiliki beberapa sebutan lain untuk dibeberapa daerah, dan salah satunya di Jawa yang sering menyebutnya sebagai sayur gori. Hal ini karena kata "gori" sendiri merupakan sebutan nangka yang masih muda bagi masyarakat Jawa.

Masakan sayur ini memiliki rasa yang gurih, manis sehingga disukai oleh banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa. Terlebih lagi jika menyajikannya dengan nasi hangat dan lauk seperti pindang goreng atau bandeng goreng, dan bersama dengan sambal, sehingga akan membuat nafsu makan kita akan bertambah.

Masakan tradisional ini juga menjadi salah satu masakan legendaris, yang mungkin bisa dibilang sudah ada sejak jaman dahulu yang resepnya diwariskan secara turun-temurun, dan dari masa ke masa pasti selalu ada penggemarnya. Selain itu seperti yang saya sebut diatas jika masakan seperti ini pasti semua ibu-ibu rumah tangga bisa membuatnya karena merupakan salah satu masakan wajib rumah tangga. Namun apabila ada diantara anda yang belum pernah membuatnya dan ingin mencoba membuatnya, berikut adalah salah satu resep dan cara membuat masakan tersebut.
Resep
250 gram nangka muda, kemudian dipotong-potong
1 ikat daun singkong, kemudian rebus hingga empuk
250 gram tetelan iga sapi, dipotong-potong
1 jempol lengkuas
2 lembar daun salam
500 cc santan
100 gram gula merah, kemudian disisir
Penyedap rasa atau vitsin secukupnya(optional bila suka)

Bumbu Halus
5 siung bawang putih
1 potong tempe busuk(tempe tua)
5 butir kemiri
1 pucuk jari kencur
1 sendok kecil ketumbar
Garam Secukupnya

Cara Membuat
  • Rebuslah tetelan iga dengan 2 liter air hingga empuk
  • Jika sudah masukan bumbu halus diatas, bersama dengan lengkuas, daun salam dan gula merah sisir
  • Masukan nangka muda dan daun singkong, aduk sebentar kemudian tunggulah hingga lunak.
  • Masukan santan, kemudian tutuplah pancinya dan tunggu hingga kuahnya berkurang
  • Siap untuk disajikan dan disantab

0 comments:

Post a Comment