Resep Kue Kipo Khas Kotagede

Jika anda sedang berlibur di Kotagede Yogyakarta ada sebuah jajanan tradisional khas daerah setempat yang bisa anda coba, yaitu sebuah kue yang bernama Kipo. Kue ini memiliki rasa yang manis dan ketika digigit juga sedikit kenyal, karena pada bagian dalam berupa adonan gula merah dan parutan kelapa, sedangkan pada bagian kulitnya terbuat dari tepung ketan.

Jika demikian kuliner ini juga sedikit mengingatkan kita dengan mendut yang bagian kulitnya terbuat dari tepung ketan, dan bagian isinya juga berupa adonan gula merah dan parutan kelapa. Namun perbedaannya mendut dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dimasak dengan cara dikukus, sedangkan kue Kipo memiliki keunikan tersendiri dalam memasaknya yaitu dengan cara dipanggang diatas wajan yang telah dialasi daun pisang. Selain itu perbedaan lainnya adalah kuliner Kotagede ini secara umum berbentuk setengah lingkaran, sedangkan mendut berbentuk bulat-bulat yang juga disiram saus santan.

Kabarnya ada cerita unik dibalik nama dari kuliner ini, yaitu karena dahulu sebelum kue ini belum memiliki nama sehingga banyak yang bertanya, dan dalam bahasa Jawa kalimat pertanyaan tersebut adalah "iki opo", hingga kemudian akhirnya dinamakan dengan kue Kipo. Kalimat "iki opo" sendiri jika kita artikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah "ini apa".

Sayangnya jajanan pasar ini jarang bisa ditemukan didaerah lain, sehingga bagi anda yang penasaran ingin mencicipi nikmatnya kuliner khas Kotagede Yogyakarta ini, akan kesulitan untuk bisa menemukan penjualnya. Oleh karena itu bagi anda yang ingin mencicipinya namun berada diluar daerah, tidak ada salahnya jika mencoba membuatnya sendiri, dan jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep beserta dengan cara membuatnya. 

Resep
300 gram tepung ketan
180 ml santan, kemudian didihkan
30 ml air daun suji dan daun pandan

Bahan isi :
180 gram kelapa muda, kemudian diparut
120 gram gula merah, sisir
2 lembar daun pandan
60 ml airgaram secukupnya

Cara Membuat
  • Buatlah bahan isinya caranya adalah, rebuslah gula merah dengan air dan daun pandan hingga gula meleleh. Jika sudah masukan parutan kelapa dan garam secukupnya kemudian aduk rata, sisihkan
  • Buatlah bahan kulitnya caranya, campurkan tepung kentan dengan santan yang masih panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga bisa dibentuk. Tuangkan air daun suji sebagai pewarna hijau alami
  • Ambil adonan kira-kira sebesar kelereng, kemudian pipihkan dan berilah bahan isi secukupnya, dan tutup kembali hingga membentuk setengah lingkaran.
  • Siapkan wajan datar yang dialasi daun pisang kemudian panaskan, dan pangganglah diatasnya sambil dibolak-balik dan agak ditekan hingga matang.

0 comments:

Post a Comment