Resep Kue Timpan Khas Aceh

Seperti yang sering kami singgung sebelumnya jika di negeri kita yang tercinta ini terdapat beragam kue tradisional yang jumlahnya sangat banyak, bahkan bisa dibilang disetiap daerah kemungkin juga memiliki kue khas tradisional masing-masing. Maka untuk kali ini mari kita menuju ke Aceh, karena didaerah tersebut terdapat beragam kuliner tradisional yang menarik untuk dibahas dan salah satunya adalah yang bernama kue Timpan(Timphan) yang rasanya sangat nikmat untuk camilan.

Kuliner ini pada dasarnya terbuat dari adonan pisang(namun ada juga yang menggunakan labu) dan tepung ketan yang kemudian diberi bahan isi, dibungkus oleh daun pisang seperti lontong dan dimasak dengan cara dikukus. Kabarnya jajanan ini sering ada atau sering dibuat ketika lebaran tiba, selain itu juga sebagai hidangan ketika ada acara pernikahan maupun khitanan atau acara-acara penting lainnya.

Kue Timpan juga sangat disukai oleh masyarakat dari anak-anak hingga orang tua karena kelezatannya, sehingga tentu saja bagi anda yang sedang berlibur ke Aceh jangan lupa untuk mencicipinya karena hanya banyak bisa ditemukan didaerah tersebut. Namun apabila anda penasaran dengannya, sedangkan anda sendiri sedang memiliki banyak kesibukan sehingga tidak bisa menyempatkan diri untuk berlibur ke Aceh, tentu saja yang paling baik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep maupun cara membuat kue tradisional khas Aceh tersebut, bagi anda semua yang tertarik untuk mencoba membuatnya.
Resep
1 sisir pisang raja yang telah matang
600 gram tepung ketan
8 sendok makan gula pasir
200 ml santan kental

Bahan isi
1 butir kelapa agak muda, kemudian diparut
2 helai daun pandan, kemudian simpulkan
225 gram gula merah
150 ml air
Garam secukupnya

Bahan lain
Daun pisang dan lidi sebagai pembungkus
Minyak goreng secukupnya untuk olesan

Cara Membuat
  • Kupas pisang kemudian haluskan dan campurkan bersama gula pasir, jika sudah masukan tepung kemudian santan dan aduk hingga merata.
  • Buatlah bahan isinya, caranya campurkan semua bahan isi kemudian masak hingga airnya menyusut
  • Siapkan daun pisang, kemudian masukan 2 sendok makan adonan dan pipihkan. Jika sudah berilah bahan isi yang telah dibuat dan bungkus seperti longtong
  • Jika sudah kukuslah hingga matang.

0 comments:

Post a Comment