Resep Membuat Klepon Labu Kuning

Sebelumnya kami pernah membahas tentang beberapa jenis klepon yaitu yang terbuat dari ubi ungu dan kentang, maka untuk artikel kali ini juga masih seputar kue sejanis namun yang terbuat dari labu kuning. Klepon sendiri adalah sebuah kue tradisional atau jajanan pasar yang legendaris dan dari masa ke masa akan selalu ada penggemarnya, sehingga kue ini masih mampu bertahan hingga sekarang, walaupun harus bersaing dengan makanan modern yang menjamur dipasaran.

Ciri khas dari kue tradisional ini adalah berbentuk bulat-bulat kecil yang ditabur dengan parutan kelapa, dan pada bagian isinya berupa gula merah sehingga rasanya manis dan juga kenyal jika digigit. Untuk yang terbuat dari buah ini sendiri pada dasarnya juga hampir sama dengan pada umumnya, baik dari segi bentuknya maupun bahan dasar untuk membuatnya yaitu berupa tepung ketan.

Namun tentu saja untuk Klepon Labu Kuning seperti ini tentu memiliki cita rasa khas tersendiri dengan aroma khas buah tersebut, sehingga akan membuat kita semua yang belum pernah mencicipinya akan terasa penasaran. Selain itu tentu saja bahan dalam membuatnya tentu juga akan berpengaruh terhadap warna yang dihasilkan sehingga untuk yang satu ini memiliki warna agak kekuningan.

Klepon Labu Kuning juga bisa dibilang sangat jarang ada orang yang menjajakannya, karena jika ada sebagian besar adalah yang biasa. Sehingga bagi anda semua yang penasaran dengan rasa yang dibuat dengan campuran buah tersebut, tentu saja yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik berikut adalah salah satu resepnya.
Resep
250-300 gram labu kuning
150 gram tepung ketan
3 sendok kecil gula pasir
Gula merah sisir secukupnya untuk isi
Kelapa parut setengah tua kukus campur garam secukup untuk taburan

Cara Membuat
  • Kukuslah labu hingga empuk, buang kulitnya, kemudian haluskan
  • Campurkan tepung ketan, gula pasir dengan labu yang telah dihaluskan, uleni hingga kalis dan bisa dibentuk.
  • Ambil sedikit adonan kemudian bentuk bulat dan pipihkan, isilah dengan gula merah secukupnya kemudian bulatkan lagi
  • Jika sudah semuanya, rebus air hingga mendidih kemudian adonan-adonan yang sudah dibulatkan masukan didalamnya dan tunggu hingga matang dan mengapung. Tiriskan
  • Guling-gulingkan diatas parutan kelapa yang sudah disiapkan sebelumnya, hingga seluruh permukaan tertutup parutan kelapa.

0 comments:

Post a Comment