Resep Membuat Kue Koci Tradisional

Di negeri kita yang tercinta ini terdapat ribuan pulau dan budaya, sehingga juga menyimpan kekayaan kuliner berupa kue tradisional yang sangat banyak jumlahnya. Satu diantaranya adalah apa yang disebut-sebut sebagai kue Koci yang rasanya nikmat dan patut untuk tetap kita lestarikan. Kuliner tradisional ini terbuat dari tepung ketan yang biasanya juga berisi adonan kacang hijau(walaupun ada juga yang diisi bahan nten), selain itu juga disiram dengan saus santan dan dibungkus oleh daun pisang.

Jika demikian camilan tradisional ini juga akan mengingatkan kita dengan mendut, karena memiliki beberapa persamaan yaitu sama-sama terbuat dari tepung ketan, sama-sama disiram saus santa dan dibungkus oleh daun pisang dan keduanya juga dimasak dengan cara dikukus. Namun perbedaannya pada umumnya untuk mendut berbentuk bulat-bulat yang berwarna-warni sedangkan kue Koci tidak.

Ketika digigit jajanan tradisional ini terasa agak kenyal, dengan rasa manis aroma kacang hijau yang merupakan bahan isinya, sehingga dalam hal ini juga akan mengingatkan kita dengan jenis hidangan tradisional lainnya yaitu kue ku. Namun perbedaannya kue ku tidak dibungkus daun pisang dan juga tidak disiram oleh saus santan kental, dan jika dilihat dari bentuknya secara umum berbentuk bundar dan berwarna-warni.

Kue Koci sangat cocok dijadikan sebagai camilan keluarga, maupun hidangan untuk acara-acara tertentu seperti arisan, pengajian, atau acara-acara dikampung lainnya. Mungkin sebagian dari anda banyak yang terbiasa mengkonsumsinya, namun selain dari pada itu mungkin juga ada diantara anda yang belum pernah mencicipinya, dan juga kesulitan untuk bisa mendaptkannya. Oleh karena itu ada baiknya kita membuatnya sendiri dirumah, dan jika tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep
Bahan Kulit :
300gram tepung ketan
100gram gula pasir
225ml air
Garam secukupnya

Bahan Isi :
200 gram kacang hijau tanpa kulit
175 gram gula merah, kemudian disisir
150 ml santan cair
Garam dan vanili secukupnya

Bahan Saus Santan :
225 ml santan kental
2 helai daun pandan, potong kecil-kecil
Garam secukupnya

Bahan Pembungkus
Daun Pisang dipotong-potong

Cara Membuat
1. Pertama buat bahan kulitnya, rebuslah air bersama gula hingga mendidih dan gulanya larut, kemudian tunggu hingga hangat dan tuangkan kedalam tepung ketan, dan garam, uleni hingga kalis.
2. Buat bahan isinya, rebus atau kukus kacang hijau hingga empuk, kemudian haluskan. Jika sudah masaklah bersama santan, gula merah, garam, vanili sampai bisa dibentuk.
3. Buat bahan sausnya, campurkan semua bahan santan kemudian dimasak.
4. Ambil adonan kemudian pipihkan, isilah dengan bahan isi secukupnya dan tutup kembali, letakan didalan potongan daun pisang, kemudian tuangkan saus santan 2 sendok dan tutuplah pembungkusnya. Kukus hingga matang kira-kira setengah jam.

0 comments:

Post a Comment