Resep Membuat Abon dari Jamur Tiram

Jika sebelumnya kami pernah membahas sebuah camilan berupa keripik yang terbuat dari jamur tiram, maka untuk artikel kali ini juga masih seputar hasil olahan dari bahan yang sama yaitu berupa abon. Seperti kita ketahui semua jika jamur tiram(Pleurotus ostreatus) adalah sejenis jamur yang bisa dikonsumsi oleh manusia, dan sekarang juga sudah cukup banyak masyarakat yang membudidayakannya. Oleh karena itu bahan makanan ini sendiri juga sudah cukup mudah untuk bisa ditemukan dipasaran, sehingga bagi anda yang ingin membuat abon seperti ini akan mudah mendapatkan bahan bakunya.

Abon jamur tiram memang tidak sepopuler abon sapi yang kebanyakan ada dipasaran, sehingga para pembuatnya juga masih tidak terlalu banyak atau jarang. Oleh karena itu mungkin hal ini juga merupakan peluang bisnis tersendiri bagi anda yang ingin mencobanya, karena seperti kita ketahui semua jika jenis makanan yang masih jarang pasti akan membuat penasaran banyak orang, sehingga akan membuat orang ingin mencicipinya. Selain itu faktor pesaing yang masih sedikit juga menjadi peluang yang menarik, dan juga bahan baku yang kian lama kian mudah didapat akan membuat bahan bakunya juga lebih terjangkau harganya.

Menu makanan ini tentu memiliki rasa yang khas jika dibandingkan dengan jenis lainnya, karena bisa anda bayangkan jika jamur jenis ini hanya digoreng saja rasanya sudah terasa nikmat seperti daging, apalagi jika diolah menjadi makanan yang lebih bermutu pasti rasanya akan lebih lezat. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda semua yang ingin mencoba membuatnya sendiri berikut adalah salah satu resepnya. 
Resep
2 KG Jamur tiram
2 cm Lengkuas kemudian memarkan
4 helai Daun salam 
350 ml santan
Air secukupnya

Bumbu halus :
15 butir Bawang merah
10 siung Bawang putih
2 sendok kecil Ketumbar
4 sendok kecil gula pasir
Garam secukupnya

Cara membuat 
  • Cucilah jamur kemudian rebus kira-kira 20-30 menit, angkat dan tiriskan
  • Jika sudah suwir-suwir jamur dan iris tipis
  • Tumislah bumbu halus dan daun salam, lengkuas  dengan 2 sendok makan minyak goreng, tunggu hingga harum
  • Jika sudah masukan jamur dan aduklah hingga bumbu merata
  • Tuangkan santan yang telah disiapkan, masaklah dengan api kecil sambil sesekali diaduk dan tunggu hingga santan menyusut atau mengering
  • Jika sudah gorenglah adonan diatas dengan minyak hingga matang berwarna kuning kecokelatan. Jika sudah angkat dan peras minyaknya hingga benar-benar kering
  • Siap untuk disajikan.

1 comments:

  1. jamur tiram itu memang ajaib karena bs dibuat segala macam :)

    ReplyDelete