Resep Membuat Serundeng Kelapa Iga Sapi

Kelapa adalah sejenis buah yang bisa diolah menjadi beragam masakan dari kue hingga minuman yang rasanya sangat khas. Salah satu jenis masakan legendaris yang terbuat dari bauh tersebut yang ada di Indonesia adalah apa yang dinamakan dengan serundeng, yang mungkin sebagian besar dari kita pasti pernah mencicipinya. Masakan ini berupa kelapa parut yang dimasak dengan beragam bumbu, sehingga rasanya gurih dan juga manis, cocok untuk kita jadikan teman makan dengan beragam jenis sayur bersama nasi.

Jika dilihat sepintas serundeng ada sedikit kemiripan dengan abon, namun abon tekturnya lebih kering menyerupai kapas sedangkan masakan yang satu ini tekturnya berupa buliran parutan kelapa. Selain itu pada umumnya dalam membuatnya juga bisa dicampur dengan daging sapi, sehingga tentu saja rasanya akan lebih nikmat, yang selalu siap untuk menggoyang lidah bagi yang menyantabnya.

Masakan seperti ini dimungkinkan sudah ada sejak jaman dahulu, yang resepnya ditularkan secara turun temurun, sehingga juga bisa dibilang salah satu masakan wajib bagi rumah tangga penduduk Indonesia. Selain itu walaupun masakan seperti ini lebih sering dimakan bersama nasi, namun dibeberapa daerah juga ada yang menyantabnya bersama dengan ketan kukus yang sering dijual oleh para penjual bubur dipagi hari.

Sebagai sebuah masakan yang biasa dibuat didapur-dapur rumah tangga, tentu saja sudah banyak yang bisa membuat masakan nusantara seperti ini. Namun mungkin ada diantara anda ada yang belum pernah membuatnya sendiri dan ingin mencobanya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep beserta cara membuat serundeng kelapa iga sapi, bagi anda yang belum pernah membuatnya.
Resep
1 butir kelapa setengah tua, kemudian diparut kasar
500 gram daging sapi, diiris-iris agak tipis menjadi 20 bagian
Minyak goreng 250 cc

Bumbu Halus
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok kecil ketumbar
1 ruas jari kencur
200 gram gula merah
garam secukupnya
vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara Membuat 
  • Haluskan semua bumbu menjadi satu, kemudian bagi bumbu menjadi 2 bagian.
  • Separuh bagian campur dengan kelapa parut kemudian diuleni hingga tercampur, separuh bagian lagi campurkan dengan daging sapi dan uleni hingga bumbu tercampur.
  • Panaskan minyak dengan api kecil, gorenglah daging yang sudah dibumbui kedalammya, kemudian tutup wajannya dan tunggu kira-kira 3 menit hingga daging lunak
  • Jika sudah tuangkan kelapa parut yang sudah dibumbui kedalam wajan yang digunakan untuk menggoreng daging diatas, dan gorenglah sambil diaduk rata hingga kering dan matang kekuningan.

0 comments:

Post a Comment