Resep Memasak Sayur Bobor Bayam Pepaya Muda

Masih seputar masakan sayur mayur khas nusantara, jika sebelumnya kami pernah membahas tentang sayur bening bayam yang rasanya segar, maka untuk kali ini adalah juga sebuah masakan yang sama-sama terbuat dari bahan yang sama yaitu apa yang disebut-sebut sebagai sayur bobor bayam pepaya muda. Masakan ini juga menjadi salah satu masakan legendaris yang sudah ada sejak jaman dahulu dan hingga kapanpun pasti tetap akan selalu ada penggemarnya.

Tidak kalah dengan sayur bening bayam, masakan sayur bobor ini juga tidak kalah segarnya karena rasanya gurih dan sedikit terasa ada manisnya, sehingga disukai oleh masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa. Perbedaan kedua jenis masakan ini adalah jika sayur bening memiliki kuah yang bening, sedangkan sayur bobor memiliki kuah yang putih karena dalam membuatnya juga diberi santan kelapa yang segar. Selain itu jika dilihat dari bahan-bahan tambahannya, sayur bening pada umumnya diberi jagung, maka untuk masakan seperti ini pada umumnya diberi pepaya muda yang kemudian diiris tipis-tipis.

Selain dari kuahnya yang putih, penggunaan pepaya muda dalam masakan ini juga menjadikan ciri khas tersendiri, padahal seperti kita ketahui semua jika pepaya yang belum masak apabila masih dalam keadaan asli tanpa diolah tentu rasanya tidak enak. Namun dengan diolah menjadi masakan legendaris seperti ini, bisa berubah menjadi makanan yang nikmat, sehingga tentu hal ini juga menggambarkan hebatnya dari masakan ini yang merupakan masakan dari negeri kita yang tercinta.

Masakan ini cocok disantab dengan nasi dan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat, selain itu masakan ini juga akan lebih nikmat lagi apabila kita menyantabnya dengan ayam goreng kemudian, tahu atau tempe goreng hingga telur ceplok atau dadar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda para ibu-ibu rumah tangga tentu bisa membuat masakan seperti ini, namun apabila ada diantara anda ada yang belum pernah membuatnya dan ingin mencobanya, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep
1 ikat bayam, bersihkan
1 butir pepaya muda, hilangkan kulitnya bersihkan dan potong tipis-tipis
1 jempol gula merah, disisir
2 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
1 liter air
1 lembar daun salam
2cm lengkuas
Vitsin secukupnya(bila suka)

Bumbu Halus
4 siung bawang putih
4 bawang merah
2 cm kencur
1 sendok kecil ketumbar
5 butir kemiri
1 potong tempe yang sudah tua(tempe busuk)
Garam secukupnya

Cara Membuat
  • Rebuslah air tunggu hingga mendidih, sambil menunggu mendidih haluskan bahan bumbu halus diatas
  • Jika sudah mendidih masukan bumbu halus kedalamnya
  • Masukan gula merah, daun salam, vitsin, dan lengkuas dan tunggu beberapa saat
  • Masukan pepaya muda yang telah diiris tipis terlebih dahulu, kemudian tutup dan tunggu hingga  menjadi setengah empuk.
  • Masukan bayam, kemudian tuangkan santan tutup kembali dan tunggu 5 menit.
  • Angkat dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment