Resep Membuat Es Lilin Kacang Hijau Segar

Diantara banyaknya jenis es lilin/mambo yang ada di berbegai daerah di nusantara, ada satu jenis yang paling umum kita jumpai yaitu yang terbuat dari kacang hijau. Entah mengapa es mambo seperti ini adalah yang paling banyak dibuat?, apa mungkin karena memiliki rasa yang paling nikmat dan segar, atau mungkin juga yang paling sehat karena menggunakan bahan alami yang kaya akan manfaat.

Minuman dingin ini ada yang disajikan dengan diberi stik yang terbuat dari kayu untuk pegangan, namun juga ada yang hanya dibungkus plastik kecil sehingga berbentuk seperti tabung dan bagian ujungnya pada umumnya diikat oleh potongan karet gelang. Untuk es lilin kacang hijau sendiri yang paling sering adalah dikemas dengan plastik, dan sering dijajakan diwarung-warung diperkampungan dimana saja, didepan sekolah dan lain-lain, bahkan juga sering dibuat untuk konsumsi sendiri dirumah ketika cuaca panas.

Jika dilihat dari rasanya Es mambo ini memiliki rasa yang sangat khas, yaitu manis dengan aroma kacang ijo alami dan segar, dimana buliran-bulirannya tersebut juga sangat terlihat jelas walaupun sudah dalam keadaan membeku. Selain itu ketika menyantabnya juga memiliki sensasi tersendiri, karena memiliki tekstur yang membeku dan agak sedikit keras, sehingga ketika menyantabnya juga harus digigit.

Walaupun es seperti ini lebih banyak disukai oleh anak-anak, akan tetapi terkadang orang dewasa juga suka dengan es seperti ini untuk melepas dahaga ketika terik matahari sangat menyengat. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda semua yang ingin membuat es lilin kacang hijau, berikut adalah salah satu resepnya.

Bahan yang dibutuhkan
125 gram kacang hijau/ijo
1 gelas santan kental
1/4 KG gula pasir3 gelas air matang
2 helai daun pandan, kemudian simpulkan

Cara Membuat
  • Rendamlah terlebih dahulu kacang ijo semalaman, hingga mengembang, kemudian rebuslah hingga empuk dan matang.
  • Campurkan gula dan air yang telah disiapkan kemudian rebus hingga mendidih dan gulanya larut
  • Jika sudah masukan daun pandan dan santan pelan-pelan, kemudian kecilkan apinya dan aduk hingga mendidih kembali. Tunggu hingga dingin
  • Siapkan plastik pembungkus untuk es mambo, kemudian masukan 1 sendok kecil kacang ijo rebus, diikuti dengan larutan air gula santannya kira-kira 3/4 bagian lebih sedikit dan ikatlah dengan karet.
  • Jika sudah semuanya tinggal masukan kedalam freezer hingga beku.

0 comments:

Post a Comment