Resep Membuat Es Lilin Buah Alpukat

Alpukat atau yang juga disebut sebagai Apokat, atau orang-orang luar menyebutnya sebagai avocado adalah salah satu jenis buah yang segar untuk disantab. Buah ini memiliki nama binomial Persea americana yang bentuknya unik, dan memiliki daging yang berwarna kuning kehijauan yang sangat lembut, dan apabila dimakan langsung akan terasa agak hambar. Buah semacam ini lebih sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat minuman dingin yang rasanya segar dengan cita rasa yang begitu khas.

Jenis minuman yang paling sering dibuat dari buah ini adalah berupa jus, maupun es campur, namun selain itu buah ini juga cocok untuk kita buat menjadi minuman dingin berupa es lilin/mambo. Minuman seperti ini seperti kita ketahui semua sesuai dengan namanya, memiliki bentuk yang seperti lilin yaitu berbentuk tabung, selain itu mungkin juga karena tekturnya yang agak lembut namun membeku. Terkadang minuman dingin ini dikemas dalam plastik kecil panjang yang pada bagian ujungnya diikat, namun selain itu ada juga yang diberi stik dari kayu untuk pegangan.

Untuk es lilin yang terbuat dari buah seperti ini, menurut saya cukup jarang ada yang menjajakannya, karena seperti kita ketahui jika buah ini sendiri berbuah secara musiman sehingga agak jarang ada orang yang membuatnya. Namun mungkin ada diantara anda yang memiliki pohon apokat sendiri dirumah dan sedang berbuah, dan bosan untuk dijadikan jus, maka tidak ada salahnya juga jika anda mencoba untuk mengolahnya menjadi hidangan dingin seperti ini.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang salah satu resep dan cara membuat es lilin alpukat, karena sebenarnya cara membuatnya juga mudah. Namun tentu saja dalam membuatnya anda harus memiliki kulkas.

Resep
3-4 buah alpukat(tergantung ukuran), ambil dagingnya dan diblender halus
2 gelas santan kental
175 gram gula pasir
1 sendok makan tepung maizena, kemudian cairkan dengan sedikit air
2 tetes pewarna hijau untuk minuman atau makanan (optional bila suka)
Garam secukupnya

Cara Membuat

1. Siapkan wadah kemudian rebus santan bersama gula dan pewarna hingga mendidih
2. Jika sudah baru masukan buah alpukat dan tepung maizena yang telah dicairkan. Aduk hingga semuanya merata, kemudian angkat dan dinginkan
3. Siapkan cetakan kemudian isi cetakan tersebut dengan adonan yang sudah jadi, atau juga bisa menggunakan plastik kecil untuk es mambo kemudian diikat.
4. Jika sudah semuanya tinggal masukan kedalam kulkas, dan tunggu hingga membeku.

0 comments:

Post a Comment