Resep Dodol dari Kacang Hijau

Apakah anda penggemar kue dodol?, jika ya tentu anda harus mencoba beragam kue seperti ini yang berdasarkan dari bahan untuk membuatnya, sehingga masing-masing memiliki cita rasa yang berbeda. Kue sepert ini sendiri adalah sebuah kue tradisional Indonesia yang memiliki rasa dominan yang sangat manis, sehingga disukai oleh masyarakat sebagai camilan diruman maupun untuk hidangan buat tamu yang datang kerumah.

Jika sebelumnya kami membahas tentang cara membuat dodol labu, maka untuk kali ini adalah yang terbuat dari kacang hijau sehingga disebut sebagai dodol kacang hijau. Kue ini seperti pada umumnya tentu memiliki rasa yang manis namun dengan cita rasa dan aroma khas yang rasanya sangat lezat.

Seperti kita ketahui semua jika kacang hijau sendiri sering dijadikan sebagai isian dari beragam kue seperti onde-onde, bakpao, roti goreng dan lain-lain, dan bahan isian tersebut juga dibuat dengan dihaluskan kemudian dipadukan dengan bahan pemanis seperti gula sehingga rasanya sangat manis dan nikmat. Oleh karena itu bisa kita bayangkan sendiri seperti apakah kiranya rasanya.

Bisa dibilang camilan yang manis ini agak jarang ada orang yang membuatnya, sehingga juga sulit untuk bisa menemukan penjualnya. Oleh karena itu bagi anda semua yang penasaran dengan rasanya, ada baiknya jika kita mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah, dan jika anda tertarik berikut adalah salah satu resepnya.
Bahan yang dibutuhkan
1 KG Kacang hijau
1000 ml santan dari 2 butir kelapa
1 KG Gula pasir
3 helai daun pandan, kemudian simpulkan
Garam secukupnya

Cara membuat 
  • Rebuslah kacang hijau hingga empuk, kemudian haluskan
  • Rebuslah santan bersama dengan gula, daun pandan dan garam hingga gula larut.
  • Jika sudah tuangkan kacang hijau yang telah dihaluskan diatas kedalam larutan gula tersebut, rebus kembali hingga mengental dan matang.
  • Ambil masing-masing 2 sendok adonan kemudian bisa dibungkus dengan pelepah jagung kering supaya terlihat lebih alami dan menarik.

0 comments:

Post a Comment