Resep Terik Tahu Telur Puyuh

Jika sebelumnya kami membahas tentang masakan khas tradisional Indonesia yaitu sambal tumpang, maka untuk artikel kali ini juga masih saudara dekat dengan sambal tumpang yaitu sebuah masakan yang bernama Terik. Kenapa saya katakan sebagai saudara dekat, karena kedua masakan ini dibeberapa daerah terutama di Jawa selalu ada dan dijual oleh penjual bubur nasi dikampung-kampung, dan disajikan bersama dengan bubur nasi tersebut sehingga banyak yang menyebutnya sebagai bubur terik. Namun tentu saja tidak lepas dari itu masakan seperti ini juga tetap cocok untuk disajikan bersama dengan nasi biasa.

Masakan ini juga menggunakan tahu seperti sambal tumpang, namun jika dilihat dari rasanya tentu sangat berbeda, karena jika sambal tumpang memiliki rasa yang gurih agak pedas, sedangkan masakan yang satu ini lebih dominan rasa yang gurih dan sangat khas. Selain itu jika dilihat dari kuahnya juga sangat berbeda karena Masakan Terik kuahnya berwarna putih kekuningan sedangkan sambal tumpang kuahnya berwarna kecokelatan. Sayangnya saya sendiri tidak mengetahui dengan jelas apakah semua daerah di Indonesia familier dengan masakan seperti ini, atau masakan seperti ini hanya ada di Jawa saja.

Selain tahu bahan lain yang juga cocok digunakan dalam membuat masakan tradisional ini adalah tempe, telur, hingga daging agar rasanya lebih mantab yang akan menggugah selera kita yang memakannya. Bagi masyarakat di Jawa mungkin terbiasa menyantabnya, karena juga selalu ada dan dijual oleh para pedagang bubur. Namun mungkin saja ada diantara anda yang belum pernah mencicipi masakan ini, namun kesulitan untuk bisa menemukannya didaerah anda tinggal. Oleh karena itu jika demikian yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri, dan jika anda tertarik berikut adalah salah satu resepnya yang menggunakan bahan tambahan telur puyuh dan tempe.
Resep
5 potong tahu putih ukuran besar, kemudian potong-potong
1 papan tempe kemudian dipotong-potong
20 butir telur puyuh rebus(optional bila suka)
1 gelas santan kental dari 1/2 butir kelapa
2 gelas air

Bumbu
5 bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok kecil ketumbar
2 cm kunir, kemudian dibakar
5 butir kemiri
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas
Gula Merah secukupnya
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara membuat
  • Haluskan bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, kemiri dan kunir bakar.
  • Jika sudah tumis semua bumbu yang dihaluskan hingga setengah matang, kemudian masukan air.
  • Masukan gula, daun salam, lengkuas, dan vitsin kemudian ditutup dan tunggu hingga mendidih.
  • Jika sudah masukan tahu, tempe dan telur puyuh. Tutup kembali dan tunggu hingga airnya berkurang.
  • Tuangkan santan dan tunggu hingga mendidih dan matang.

0 comments:

Post a Comment