Resep Membuat Kue Telur Puyuh aka Bayao Panyyu

Jika sebelumnya kami pernah membahas salah satu kue tradisional khas kota Makassar yaitu yang bernama Kue Barongko dimana kue ini terbuat dari pisang raja yang kemudian dibungkus oleh daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Maka untuk artikel kali ini masih seputar kue khas Makassar yaitu yang bernama kue Telur Puyuh atau yang juga disebut sebagai Bayao Panyyu untuk bahasa daerah Makassarnya. Kue ini memiliki bentuk bulat-bulat kira-kira sebesar bola tenis yang terbuat dari tepung ketan yang ditabur dengan tepung sangrai dan pada bagian isinya berisi adonan kelapa dengan gula merah atau yang juga disebut sebagai unti kelapa.

Jika demikian kue ini akan mengingatkan kita dengan kue moci karena sama-sama berbentuk bulat dan terbuat dari tepung ketan yang ditabur tepung, sedangkan jika dilihat dari bahan isinya akan mengingatkan kita dengan kue dadar gulung isi kelapa yang sama-sama berisi unti kelapa. Namun perbedaanya jika kue Moci pada umumnya pada bagian isinya terbuat dari kacang tanah dan kue dadar gulung bagian kulitnya terbuat dari telur campur terigu yang didadar.

Kue Telur Puyuh akan terasa agak sedikit kenyal jika digigit dan rasanya juga manis pada bagian isinya, sehingga hal inilah yang menjadikan daya tarik dari kue Telur Puyuh aka Bayao Panyyu ini. Selain itu sesuai dari sumber yang kami dapatkan jika kue ini memiliki kedekatan historis dengan sejarah Makassar, karena ada sebuah benteng dari jaman belanda yang bernama benteng Rotterdam yang terletak dekat dengan pantai Losari. Kabarnya jika benteng ini dilihat dari atas terlihat agak mirip dengan penyu, oleh karena itu kue ini diibaratkan sebagai telurnya.

Namun sayangnya kue seperti ini hanya banyak bisa ditemukan dikota Makassar, sedangkan untuk kota-kota lainnya sangat sulit untuk bisa ditemukan, oleh karena itu bagi anda yang penasaran ingin mencicipi kue ini harus berlibur ke Makassar. Akan tetapi ada jalan lain yang lebih mudah agar bisa mencicipi kue ini adalah dengan mencoba membuatnya sendiri, dan apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resepnya
Resep Kue Telur Puyuh
400 gram Tepung ketan
300 ml Air hangat
Garam secukupnya

Bahan Isi :
400 gram Kelapa parut
300 gram Gula merah, kemudian disisir
200 ml Air
2 lembar daun pandan
Garam secukupnya

Bahan taburan

Tepung beras secukupnya, kemudian disangrai

Cara membuat
1. Campurkan bahan kulitnya aduk hingga bisa dipulung
2. Masaklah bahan isinya dan aduk hingga kering
3. Ambil adonan kemudian pipihkan dan isilah dengan bahan isinya sesuai selera dan bulatkan.
4. Jika sudah kukuslah hingga matang, kumudian guling-gulingkan pada tepung beras hingga merata.

0 comments:

Post a Comment