Resep Kue Barongko Khas Makassar

Masih seputar kue tradisional khas nusantara yang sangat beragam jenisnya, dan kali ini mari kita menuju kota Makassar ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, karena terdapat sebuah kue tradisional legendaris dari daerah tersebut yang bernama Barongko. Kue ini pada dasarnya terbuat dari pisang terutama pisang raja, yang dipadukan dengan adonan telur dan santan kemudian dimasak dengan cara dikukus, sehingga bisa anda bayangkan sendiri bagaimanakah kelezatan dari kue khas Makassar ini.

Berdasarkan dari salah satu sumber yang kami dapatkan jika kue Barongko merupakan sebuah hidangan penutup, yang pada jaman pemerintahan kerajaan di Makassar merupakan salah satu jenis hidangan untuk raja-raja. Namun sekarang kue ini banyak dijajakan oleh para penjualnya di Makassar terutama ketika bulan puasa tiba, sebagai sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa.

Menurut kami kue ini juga ada kemiripan dengan salah satu jenis kue tradisional di Jawa yaitu apa yang dinamakan dengan kue Carang Gesing. Karena bahan yang digunakan dalam membuat sama-sama terbuat dari pisang yang dipadukan dengan santan dan telur kemudian dikukus, bahkan cara membungkusnya juga sama yaitu dengan daun pisang yang kemudian disemat lidi. Namun perbedaanya jika Carang Gesing pada umumnya bahan pisang yang digunakan diiris kecil-kecil, sedangkan kue Barongko pisangnya dilumatkan hingga halus.

Sayangnya tidak disemua daerah kita bisa menemukan kue Barongko, karena kebanyakan hanya ada di Makassar. Padahal mungkin banyak diantara kita yang panasaran ingin mencicipi lezatnya kue Barongko seperti ini. Oleh karena itu bagi anda yang merasa demikian yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah, karena sebenarnya cara membuatnya juga cukup mudah dan bahan yang digunakan juga mudah untuk bisa kita dapatkan dimana saja. Jika anda tertarik berikuta salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep Kue Barongko
8-10 buah pisang raja yang telah matang
250 ml santan kelapa
3 butir telur, kocok lepas
75 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
25 gram susu bubuk(optional)

Pembungkus

Daun pisang dan potongan lidi

Cara Membuat
1. Pisang dikupas kemudian haluskan
2. Jika sudah masukan semua bahan-bahan lainnya kemudian aduk hingga benar-benar merata
3. Siapkan pembungkusnya yaitu daun pisang, kemudian ambil 2 sendok adonan dan letakan pada daun pisang tersebut, bungkus dan semat dnegan lidi
4. Jika sudah kukuslah kira-kira 20 menit

Sumber:
http://lobelobenamakassar.blogspot.com/2012/01/kue-barongko-made-in-bugis-makassar.html

0 comments:

Post a Comment