Resep Membuat Tahu Aci Khas Tegal

Kota Tegal adalah salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah yang terletak sekitar 165 km sebelah barat dari Kota Semarang atau 329 km sebelah timur dari ibu kota Jakarta. Kota ini juga memiliki beragam kuliner khas daerah dan salah satunya adalah apa yang sering disebut-sebut sebagai Tahu Aci. Apabila anda berkunjung ke kota tersebut banyak para pedagang yang menjajakan kuliner semacam ini dari toko-toko hingga para pedagang kaki lima yang selalu ada di kota tersebut.

Tahu Aci, jika dilihat dari namanya camilan seperti ini sesuai dengan namanya terbuat dari tahu dan tepung aci yang memiliki rasa yang sangat gurih sehingga bisa menggugah selera kita. Tahu tersebut pada umumnya adalah berupa tahu kuning yang dipotong secara diagonal sehingga berbentuk segitiga kemudian pada bagian tengahnya dikerok dan diisi dengan adonan aci, dan dimasak dengan cara digoreng. Ketika kita menggigit Tahu Aci ini akan terasa gurih dan pada bagian isinya juga terasa agak kenyal sehingga hal inilah yang menjadi salah satu dari daya tarik Tahu Aci tersebut. Terlebih lagi apabila kita menyantabnya jika masih dalam keadaan hangat dengan sebiji cabe rawit pasti akan terasa lebih mantab.

Sebenarnya Tahu Aci seperti ini juga sudah cukup tersebar dibeberapa daerah di Jawa Tengah, bahkan mungkin bisa dibilang sebagai camilan trend terbaru saat ini yang sangat disukai oleh masyarakat dari segala lapisan. Selain itu beberapa penjual Tahu Aci ada juga yang menambahkan bumbu tabur rasa balado, barbeque, dan lain-lain sehingga rasanya akan terasa lebih nikmat dan sangat mantab yang membuat kita semua selalu ingin memakannya hingga habis.

Namun mungkin ada diantara anda yang belum pernah mencicipi Tahu Aci seperti ini, sedangkan didaerah anda tinggal juga tidak ada yang menjualnya. Oleh karena itu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah agar bisa mencicipinya, dan apbila anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya. 
Resep Tahu Aci
15 buah tahu kuning segitiga di lubangi /di belah
150 gram tepung sagu
3 batang daun bawang, kemudian iris halus
3 sendok kecil ketumbar bubuk.
3 siung bawang putih, kemudian haluskan
Garam dan air secukupnya

Cara membuat

1. Potong diagonal tahu kuning hingga menjadi dua dan berbentuk segitiga, kemudian kerok bagian tengahnya(hasil dari kerokan tahu sisihkan)
2. Campurkan tepung sagu, ketumbar, garam, bawang putih halus, kerokan tahu(seluruhnya atau sebagian) dan air secukupnya kemudian aduklah hingga benar-benar merata
3. Masukan adonan tepung sagu pada tahu yang sudah dikerok atau dilubungi tengahnya hingga padat.
4. Gorenglah tahu yang sudah diisi tersebut hingga matang
5. Jika sudah angkat tiriskan dan sajikan dengan cabai rawit.

0 comments:

Post a Comment