Resep Membuat Kue Ongol-ongol

Di negeri kita yang elok nan indah ini tersimpan ribuan kue tradisional, yang setiap daerah kemungkinan memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Salah satunya adalah apa yang sering kita kenal dengan sebutan kue Ongol-ongol yang mungkin sebagian dari anda sudah pernah mencicipinya, namun mungkin ada juga yang belum pernah mencicipinya terutama untuk anak-anak muda jaman sekarang.

Kue ini pada umumnya berbentuk kotak-kotak kecil yang pada bagian luarnya ditabur dengan parutan kelapa, sehingga juga akan mengingatkan kita dengan kue sentiling. Kedua kue ini memang memiliki persamaan yaitu sama-sama ditabur dengan parutan kelapa, namun perbedaanya jika kue sentiling berwarna-warni dan terbuat dari singkong parut, sedangkan kue Ongol-ongol pada umumnya terbuat dari tepung sagu dan berwarna kecokelatan karena menggunakan bahan pemanis berupa gula merah.

Ketika digigit kue Ongol-ongol memang agak kenyal yang menjadikannya sebagai salah satu daya tariknya dan rasanya juga khas. Sehingga kue ini juga akan mengingatkan kita pada kue cenil yang sama-sama kenyal dan dan sama-sama dibalut dengan taburan kelapa, namun untuk kue Ongol-ongol memiliki rasa yang manis khas gula merah, sedangkan kue cenil rasa manis didapatkan dari bahan taburannya yang diberi gula pasir.

Tidak perlu berpanjang lebar lagi, mungkin ada sebagian dari anda yang penasaran dengan kue Ongol-ongol seperti ini, namun mungkin tidak disemua dareah apalagi di jaman sekarang masih ada yang menjualnya. Oleh karena itu yang terbaik tentu saja dengan membuatnya sendiri, karena sebenarnya juga tidak terlalu sulit untuk membuatnya dan juga tidak terlalu membutuhkan bahan yang banyak. Jika tertarik berikut adalah salah satu dari resepnya.
Resep Kue Ongol-ongol
250 gram tepung sagu
275 gram gula merah, kemudian disisir
2 helai daun pandan
Kelapa parut kukus setengah tua secukupnya untuk taburan
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan tepung sagu dengan air kira-kira 300ml, kemudian aduk rata dan sisihkan
2. Rebuslah gula merah dan daun pandan dengan air kira-kira 450ml hingga mendidih dan gulanya larut
3. Jika sudah campurkan larutan tepung dengan larutan gula diatas, dan masak hingga mendidih dan mengental
4. Tuangkan adonan pada loyang kemudian tunggu hingga dingin. Jika sudah potong-potonglah sesuai selera, kemudian guling-gulingkan diatas parutan kelapa yang sudah disiapkan sebelumnya.

0 comments:

Post a Comment