Resep Kue Kamir Tradisional Khas Pemalang

Jika anda sedang berlibur ke Pemalang Jawa Tengah, ada sebuah kuliner yaitu berupa kue tradisional yang bernama kue Kamir(khamir) yang bisa anda coba. Kue ini memiliki bentuk bundar agak pipih dan berwarna kecokelatan karena dimasak dengan cara dipanggang dan konon kabarnya yang pertama kali membuatnya adalah seorang warga Arab yang tinggal di Kelurahan Mulyoharjo dan dikenal sebagai Kampung Arab. Selain itu jika jika dilihat dari namanya ejaannya juga bukan merupakan bahasa Indonesia, karena Khamir merupakan bahasa Arab yang berarti ragi.

Kue ini agak mirip dengan kue apem, namun berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan disitus Wikipedia ada kue Kamir yang memiliki ukuran sebesar piring dan mangkuk yang dibuat berdasarkan pemesannya. Selain itu sumber tersebut juga menyebutkan jika kue Kamir ada yang terbuat dari tepung terigu dan juga ada yang terbuat dari tepung beras, namun yang paling umum dan paling sering dibuat adalah yang terbuat dari terigu sedangkan untuk Kamir beras hanya dibuat jika ada pesanan.

Sayangnya menurut kami kue seperti ini hanya banyak bisa ditemukan di dareah Pemalang Jawa Tengah, sedangkan daerah-daerah lain mungkin jarang untuk bisa kita temukan. Selain itu mungkin saja ada diantara anda yang mendengar namanya saja mungkin belum pernah, apalagi mencicipinya. Oleh karena itu bagi anda yang penasaran dengan rasa dari kue Kamir ini, namun tidak sempat berlibur ke Pemalang Jawa Tengah, maka jalan terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri, dan jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep Kue Kamir
250 gram Tepung Terigu
1 Butir Telur
2 ons gula
1/2 sendok kecil ragi instan
1/2 sendok kecil soda kue
1/4 sendok kecil vanili
1/4 ons Tape
125ml air
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan semua bahan kue diatas kecuali air, kemudian aduk hingga semuanya rata
2. Jika sudah baru tuangkan airnya sedikit demi sedikit sambil diuleni
3. Tutuplah adonan dengan kain bersih dan diamkanlah adonan ini semalaman atau kira-kira 10 jam
4. Siapkan cetakan kue(bisa menggunakan cetakan kue apem), kemudian panaskan diatas kompor dan olesi dengan sedikit mentega.
5. Jika sudah tuangkan adonan pada cetakan, dan tunggu hingga bagian bawah matang kemudian dibalik dan tunggu hingga matang keseluruhan dan mengembang.
6. Jika sudah angkat, kue Kamir/Khamir siap untuk dinikmati.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kamir

0 comments:

Post a Comment