Resep Jajanan Pasar Kue Sentiling Singkong

Singkong adalah sejenis ubi yang bisa dikatakan serba guna dan murah untuk dijadikan beraneka ragam kue, salah satunya adalah apa yang dinamakan kue Sentiling. Mungkin ada diantara ada yang masih asing dengan kue seperti ini, bahkan mungkin mendengarnya saja tidak pernah. Namun menurut kami kue seperti ini memang lebih populer di Jawa yang merupakan salah satu kue tradisional jajanan pasar, dan sering digunakan untuk sajian dalam berbagai acara seperti arisan, khitanan, pengajian dan lain-lain.

Kue Sentiling pada umumnya berwarna-warni yang sangat menarik dan sering disajikan dengan parutan kelapa, sehingga bagi orang yang melihatnya saja akan terasa ingin langsung memakannya. Selain itu untuk bentuknya sendiri cukup beragam sesuai dengan selera masing-masing, ada yang dibentuk seperti kue lapis, ada yang dipotong kota-kotak kecil, namun ada juga yang ditusuk dengan potongan bambu kecil sehingga mirip dengan sate.

Rasa dari kue ini adalah manis khas kue Sentiling singkong yang dipadukan dengan parutan kelapa, sehingga enak untuk kita jadikan sebagai camilan dirumah maupun untuk hidangan tamu. Kue ini juga banyak dijajakan dipasar-pasar tradisional terutama didaerah Jawa, yang pada umumnya para penjual tersebut juga menjual kue tradisional lain seperti cenil maupun klepon.

Untuk Sentiling yang dipotong kotak-kotak kecil jika dilihat sepintas memang mirip dengan kue cenil (cetil), karena sama-sama bentuknya yaitu kotak kecil berwarna-warni dan juga sama-sama ditabur parutan kelapa. Namun perbedaannya jika kue Sentiling terbuat dari singkong yang diparut halus, sedangkan kue cenil terbuat dari tepung sagu/kanji. Selain itu ketika digigit kue Sentiling juga lebih empuk, sedangkan cenil lebih kenyal.

Setelah kami browsing di Internet ada salah satu sumber yang menyebutkan jika kue Sentiling ini konon kabarnya sudah ada sejak jaman penjajahan, yaitu ketika pada tahun 1914 di kota Semarang ada sebuah acara yang bernama Koloniale Tentoonstelling. Namun lidah orang Jawa lebih terbiasa menyebutnya sebagai pasar malam Sentiling, dan pada acara tersebut kue yang terbuat dari singkong ini merupakan salah satu oleh-oleh dari acara tersebut sehingga dinamakan kue Sentiling.

Sebenarnya cara membuat dari kue tradisional ini sangatlah mudah dan tidak membutuhkan bahan yang banyak, sehingga bagi anda yang ingin mencoba membuat sendiri kue Sentiling seperti ini. Berikut adalah salah satu resep sederhana beserta cara membuatya, jika tertarik silahkan menyimak yang ada dibawah ini.

Resep Kue Sentiling

1KG singkong
400 gram gula pasir
Garam secukupnya
Pewarna makanan, pada umumnya merah, kuning, dan hijau
Kelapa muda parut, campur sedikit garam kemudian dikukus

Cara membuat
1. Kupaslah singkong bersihkan, kemudian diparut(Jika tidak ingin repot bisa diparut dengan mesin dipasar-pasar)
2. Campurkan kelapa parut dengan garam dan gula kemudian aduk hingga merata
3. Jika sudah bagi adonan menjadi 3 bagian, dan masing-masing berilah pewarna makanan secukupnya.
4. Siapkan loyang untuk masing-masing warna dan beri alas daun pisang.
5. Jika sudah masukan masing-masing adonan pada setiap loyang, dan kukuslah kira-kira setengah jam, kemudian angkat dan dinginkan
6. Jika sudah dingin potong dadu sesuai selera, kemudian guling-gulingkan pada parutan kelapa kukus yang sudah disiapkan.
7. Kue Sentiling siap disajikan.

0 comments:

Post a Comment