Cara Membuat Manisan Kolang-Kaling/Buah Atap

Kolang-kaling atau ada yang menyebutnya sebagai buah atap merupakan hasil dari biji pohon aren, yang kemudian bisa dikonsumsi oleh manusia, terutama untuk bahan dalam membuat es atau minuman dingin. Bentuk dari kolang-kaling sendiri agak lonjong dan pipih yang teksturnya kenyal dan berwarna putih dan terlihat agak transparan. Kolang-kaling sendiri relatif mudah untuk bisa kita temukan dipasar-pasar tradisional hingga mini market dengan kemasan, yang harganya juga relatif terjangkau.

Olahan biji pohon aren seperti ini memang sangat populer sejak jaman dahulu, dan selain dijadikan sebagai campuran untuk membuat minuman dingin, kolang-kaling juga cukup populer diolah manjadi semacam camilan manis yaitu berupa manisan. Dahulu manisan kolang-kaling disajikan dengan cara yang cukup unik, karena ditusuk dengan potongan bambu tipis, sehingga mirip dengan sate dan banyak orang dahulu mengenalnya sebagai sate kolang-kaling.

Namun sayangnya menurut kami manisan kolang-kaling yang ditusuk sate sekarang sudah cukup jarang untuk bisa ditemukan, padahal dahulu camilan seperti ini mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional bahkan para pedagang sayur keliling juga banyak yang menjajakannya. Namun dalam hal ini kami hanya survei disekitar tempat kami tinggal saja, sedangkan untuk daerah-daerah lain kami juga tidak mengetahuinya masih banyak atau tidak keberadaanya.

Dahulu manisan kolang-kaling seperti ini sebagian besar warnanya adalah merah dan hijau sehingga sangat terlihat ranum dan menarik yang membuat anak-anak suka kepadanya. Mungkin apabila ada diantara anda yang mengalami masa kecil diera 80-90an sate manisan kolang-kaling banyak bisa ditemukan, namun apabila sekarang anda kesulitan untuk bisa mendaptkannya dan sangat merindukan untuk bisa mencicipinya kembali. Maka yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri, dan jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Bahan untuk membuat Manisan Kolang-kaling
1 kg kolang-kaling
1 liter air beras(air yang digunakan ketika mencuci beras dan berwaran putih)
2 lembar daun jeruk purut
1 lembar daun pandan, kemudian dipotong-potong
300 gram gula pasir
Sirup cocopandan warna merah sesuai selera

Cara membuat
1. Cucilah buah kolang-kaling hingga bersih, kemudian rendamlah didalam air beras kira-kira 4 jam kemudian tiriskan.
2. Jika sudah bilas lagi dengan air dan tiriskan kembali
3. Rebuslah kolang-kaling tersebut bersama daun pandan dan daun jeruk purut hingga mendidih
4. Tuangkanlah gula dan sirup, dan masaklah hingga airnya berkurang, kemudian tiriskan kolang-kaling
5. Jika sudah Jerangkan air sirupnya hingga menjadi agak kental
6. Masukan kolang-kaling kembali kemudian masak hingga kering dengan api kecil
7. Jika sudah dinginkan, kemudian simpan kedalam lemari es. Apabila ingin dijadikan sate kolang-kaling tinggal ditusuk dengan tusuk sate.

0 comments:

Post a Comment