Resep Membuat Kue Ombus-Ombus Khas Batak

Menarik rasanya jika kita membahas kekayaan kuliner yang ada dinegeri kita yang tercinta ini, yang begitu beragam dan rasanya juga sangat lezat. Jika sebelumnya kami membahas salah satu kue tradisional asal Makassar yaitu kue Dange yang ada sedikit kemiripan dengan kue Pancong, maka untuk artikel kali ini mari kita menuju ke tanah Batak karena terdapat sebuah kue tradisonal yang unik dan bernama Kue Ombus-Ombus.

Berdasarkan dari sumber disitus Wikpedia jika kue Ombus-Ombus adalah salah satu jajanan khas Batak dan berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara. Kue ini memiliki bentuk yang cukup unik yaitu seperti kerucut yang dibungkus oleh daun pisang, sehingga terasa lebih alami, dan terbuat dari adonan tepung dengan parutan kelapa kemudian pada bagian tengahnya diberi bahan isi berupa gula merah dan dimasak dengan cara dikukus. Sumber tersebut juga menyebutkan jika kue ini dinamakan Ombus-Ombus karena dibuat harus memberi tiupan atau menghembuskan nafas  

Kue Ombus-Ombus juga mengingatkan kita dengan kue Putu Bambu yang ada di Jawa, karena ada sedikit kemiripan yaitu sama-sama terbuat dari adonan tepung dengan kelapa parut, bahkan isinya juga sama yaitu gula merah. Perbedaanya jika kue putu bambu memiliki bentuk yang seperti tabung karena dicetak dengan potongan bambu ukuran kecil, sedangkan kue Ombus-Ombus ini berbentuk kerucut yang dibungkus oleh daun pisang.

Sayangnya kue ini kemungkin sulit untuk bisa kita temukan diluar daerah, sehingga bagi anda yang penasaran dan berada diluar daerah akan kesulitan untuk bisa mendapatkannya. Oleh karena itu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah, dan apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep kue Ombus-Ombus
200 gram tepung ketan
200 gram kelapa muda, kemudian diparut
100 gram gula merah, kemudian disisir
Garam secukupnya
Daun pandan, iris kecil-kecil
Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat
1. Pertama kukuslan tepung ketan, bersama kelapa parut dan garam kemudian aduk merata hingga adonan berbutir
2. Siapkan pembungkusnya yaitu daun pisang, kemudian letakan daun pandan, tuangkan adonan 1 sendok makan, isilah gula merah, kemudian tutup kembali dan bukuslah berbentuk kerucut.
3. Jika sudah semua, panaskan pengukus kemudian kukus semua adonan yang sudah dibungkus hingga matang.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kue_Ombusombus

0 comments:

Post a Comment