Resep Membuat Es Kacang Hijau Sederhana

Kacang hijau merupakan tumbuhan jenis polong-polongan(Fabaceae) yang banyak tumbuh terutama di dareah tropika, dan dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi dan diolah menjadi beragam jenis makanan seperti bubur, kue maupun minuman. Kacang hijau(kacang ijo) memiliki nama binomial Vigna radiata dan dikenal sebagai salah satu sumber protein nabati tinggi sehingga baik untuk kesehatan manusia bagi yang gemar mengkonsumsinya.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan di situs Wikipedia jika kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kita dan beberapa diantaranya adalah bisa memperkuat tulang karena mengandung kalsium dan fosfor, kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh sehingga bisa menjaga kesehatan jantung, bermanfaat untuk pertumbuhan karena mengandung vitamin B1, baik untuk vitalitas pria, dan juga memiliki fungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh kita.

Mungkin ada diantara anda yang ingin menyantab kacang hijau, namun bingung akan diolah menjadi apa, karena seperti kita ketahui tidak mungkin rasanya apabila kita menyantab langsung kacang hijau tanpa diolah terlebih dahulu, karena rasanya juga tidak enak. Oleh karena itu bagi anda yang ingin mengkonsumsi kacang hijau, salah satu yang paling mudah mengolahnya adalah menjadikannya sebagai minuman atau es, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai es kacang hijau.
 
Es atau minuman seperti ini sebenarnya cukup banyak yang menjajakanya, dari pedagang kaki lima hingga kafe-kafe dan lain-lain. Selain itu setiap penjual atau daerah tertentu bisanya juga memiliki variasi dan ciri khas masing-masing dengan dicampur bahan-bahan lainnya sehingga rasanya akan menjadi lebih nikmat dan segar. Mungkin anda sendiri juga pernah mengkonsumsi es kacang hijau karena hampir diseluruh daerah ada yang menjajakannya selain itu harganya juga terjangkau.

Sebenarnya untuk membuat es kacang hijau juga tidak sulit, bahkan untuk masyarakat Indonesia sendiri sudah banyak yang bisa membuatnya. Namun apabila anda belum pernah membuatnya dan ingin mencobanya, berikut adalah salah satu resep sederhana dan mudah dalam membuat es kacang hijau.

Bahan membuat es kacang hijau
250 gram kacang hijau, kemudian rendam dengan air beberapa jam
1 helai daun pandan
200 gram gula merah, disisir
Garam secukupnya

Saus santan
1 liter santan encer
1 helai daun pandan
Garam secukupnya

Bahan pelengkap
Es serut/es batu
5 potong buah nangka, potong kotak-kotak kecil(optional bila suka)
Susu kental manis(optional bila suka)

Cara membuat

1. Rebuslah kacang hijau dengan air hingga mendidih, jika sudah masukan gula merah sisir, garam dan daun pandan kemudian aduk hingga gulanya larut. Tunggu hingga kacang hijau menjadi empuk
2. Buatlah saus santan caranya, rebus santan bersama daun pandan dan garam hingga mendidih kemudian angkat.
3. Ambil kacang hijau rebus beserta larutan gulanya sesuai selera kemudian masukan kedalam mangkuk atau gelas, siram dengan saus santan dan berilah es batu atau es serut.

Sumber manfaat kacang hijau :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kacang_hijau

0 comments:

Post a Comment