Resep Membuat Kue Dange

Jika sebelumnya kami pernah membahas salah satu jenis kue tradisional Makassar yaitu kue Barongko, maka untuk artikel kali ini juga masih seputar kue tradisional Makassar yang lain dan bernama kue Dange. Kue ini jika dilihat sepintas memang agak mirip dengan kue Pancong(gandos/bandros) yang ada di pulau Jawa, karena memiliki bentuk yang mirip yaitu berupa setengah lingkaran, bahkan sama-sama dipadukan dengan kelapa parut serta cara memasaknya juga sama yaitu dipanggang.

Namun perbedaanya adalah jika kue pancong secara umum terbuat dari tepung beras, sedangkan kue Dange pada umumnya terbuat dari tepung ketan. Sehingga perbedaan ini juga menghasilkan cita rasa yang berbeda, selain itu kue pancong jika digigit lebih empuk karena terbuat dari tepung beras, sedangkan kue Dange jika digigit agak kenyal karena terbuat dari tepung ketan dan hal ini juga menjadi ciri khas dan daya tariknya.

Kue Dange juga bisa ditemukan didaerah Kalimantan Barat yang juga menjadi salah satu kue tradisional daerah tersebut, sehingga kue ini memang menjadi salah satu kekayaan kuliner Nusantara yang harus tetap kita lestarikan sehingga tidak punah. Namun sayangnya kue seperti ini tidak semua daerah ada yang membuatnya atau yang menjajakannya sehingga bagi anda yang penasaran dengan kue ini tentu harus berlibur ke Makassar atau Kalimantan Barat.

Namun apabila anda sedang memiliki kesibukan untuk berlibur kedaerah tersebut, maka yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah, karena sebenarnya cara membuatnya cukup mudah dan bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk bisa kita temukan dimana saja. Jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep kue Dange beserta cara membuatnya. 
Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram tepung ketan
225 gram kelapa setengah tua kemudian diparut dan dikukus kira-kira selama 20 menit
150 gram gula pasir
250 ml air
Garam secukupnya

Cara membuat

1. Campurkan semua bahan yang tersebut diatas kemudian aduk hingga benar-benar merata
2. Jika sudah panaskan cetakan dan olesi dengan mentega
3. Tuangkan adonan kedalam cetakan, kemudian panggang hingga matang
4. Jika sudah angkat dan sajikan

Cetakan kue ini bisa menggunakan cetakan untuk kue pukis maupun kue pancong, selain itu kue Dange ada juga yang membuatnya mengguankan tepung ketan hitam dan bahan pemanisnya menggunakan gula merah.

0 comments:

Post a Comment