Resep Membuat Tempe Penyat Nikmat

Tempe adalah salah satu makanan yang terbuat dari kedelai yang disukai hampir seluruh rakyat Indonesia, dan dijadikan beraneka macam masakan hingga kue tradisional. Salah satunya adalah apa yang dinamakan dengan Tempe Penyet yang mungkin bagi anda sendiri tidak asing mendengarnya dan pernah mencicipinya. Masakan ini berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan di situs Wikipedia berasal dari Jawa Timur dan sudah tersebar dibeberapa daerah di Nusantara.

Tempe Penyet banyak dijual oleh para pedagang kaki lima dijalan-jalan yang pada umumnya juga menjual masakan lain seperti ayam goreng, ikan goreng dan lain-lain, namun selain dari pada itu juga banyak dijajakan dikafe-kafe. Menariknya makanan sepeti ini juga menjadi sebuah trend kuliner yang digemari oleh anak-anak muda, karena bagi para muda-mudi yang sedang berpacaran dan sedang lapar, makanan seperti ini menjadi salah satu favorit mereka, karena disamping rasanya yang nikmat dan yang tidak kalah penting adalah harganya yang sangat murah.

Pada dasarnya makanan seperti ini sangatlah sederhana, yaitu berupa tempe goreng yang diberi sambal kemudian disajikan dengan aneka lalapan dan nasi putih. Selain itu jika dilihat dari namanya yang sangat unik yaitu Tempe Penyet, mungkin dalam membuatnya dengan cara dipenyet, yaitu tempe yang telah digoreng kemudian ditekan-tekan diatas adonan sambal sehingga disebut Tempe Penyet. Penyet sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah ditekan-tekan agar lumat. 

Memang makanan seperti ini masih mudah untuk bisa kita temukan para penjualnya dibeberapa daerah, namun sebagai salah satu masakan sederhana yang murah namun tetap nikmat, mungkin ada baiknya jika kita mencoba membuatnya sendiri dirumah. Terlebih lagi bagi anda yang sering sibuk dan membutuhkan makanan yang lebih praktis dan cepat untuk dibuat. Oleh karena itu bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri, berikut adalah salah satu resep yang bisa anda coba. 
Bahan-bahan yang dibutuhkan
150 gram tempe
75 ml air hangat/kaldu ayam jika ada

Bumbu halus
1/2 sendok makan ketumbar
1/2 sendok teh garam

Bahan sambal tempe penyet
5 buah cabe merah.
2 Cabe rawit(jika kurang pedas bisa ditambahkan)
2 siung bawang putih, iris tebal
4 siung bawang merah, iris tebal.
1 cm kencur.
15 gram gula merah
1/2 sendok kecil terasi udang bakar.
Garam secukupnya

Lalapan
Irisan mentimun
Kemangi

Cara membuat
1. Potong-potong tempe agak tipis
2. Bumbu halus campurkan dengan air dan larutkan, kemudian tempe direndam dalam air bumbu ini
3. Jika sudah gorenglah tempe hingga matang
4. Buatlah sambalnya caranya, gorenglah bawang merah, bawang putih dan cabe hingga layu terlebih dahulu. Kemudian haluskan semua bahan untuk membuat sambal dan tuangkan 1 sendok makan minyak panas dan aduk rata.
5. Jika sudah taruhlah tempe goreng pada sambal tersebut, kemudian tekan-tekan atau dipenyet
6. Hidangkan dengan lalapan serta nasi hangat.

0 comments:

Post a Comment