Cara Membuat Gorengan Tahu Petis

Tahu adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, karena selain harganya terjangkau namun juga lezat dan sehat. Tahu sendiri juga sering dijadikan beragam masakan hingga camilan seperti gorengan yang juga cukup beragam macamnya, dan salah satu adalah apa yang dinamakan dengan gorengan Tahu Petis. Mungkin anda sendiri sudah sering menyantab camilan lezat seperti ini karena dari masa ke masa, Tahu Petis selalu ada penggemarnya dan disukai oleh masyarakat Indonesia dari segala kalangan.

Tahu petis konon kabarnya merupakan makanan khas Jawa Timur, namun ada juga yang menganggap makanan khas Semarang Jawa Tengah, yang sudah tersebar diberbagai daerah di Nusantara. Selain itu camilan gorengan ini juga mudah untuk bisa kita temukan penjualnya dijalan-jalan yang dijajakan oleh para pedagang kaki lima, yang pada umumnya juga menjajakan macam-macam jenis gorengan lainnya.

Pada dasarnya tahu petis adalah berupa tahu pong goreng yang pada bagian sisinya dibelah, kemudian diisi dengan saus petis yang berwarna hitam yang rasanya gurih manis. Sehingga perpaduan dari tahu goreng serta saus petis tersebut akan menghasilkan cita rasa yang sangat lezat dan akan membuat kita semua ingin selalu memakannya hingga habis, sebagai camilan ketika sore hari atau malam hari. Terlebih lagi bagi anda yang suka rasa pedas, karena tahu petis akan lebih nikmat lagi jika disantab dengan cabai rawit hijau yang masih segar.

Memang untuk bisa mendapatkan tahu petis seperti ini sangat mudah  karena para penjualnya sudah tersebar diberbagai daerah di Nusantara, dan pada umumnya akan mulai berjualan ketika sore hingga malam. Namun mungkin ada diantara anda yang ingin membuat sendiri tahu petis seperti ini, karena selain lebih hemat juga bisa disesuaikan dengan selera. Oleh karena itu apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya. 
Bahan-bahan yang dibutuhkan
20 tahu pong goreng
Cabai rawit secukupnya

Bahan Saus petis
3 sendok kecil petis udang
2 sendok makan kecap manis
50 gram gula merah sisir
3 sendok makan tepung beras
3 siung bawang putih, kemudian haluskan
Garam secukupnya
300 ml air

Cara membuat
1. Tumislah bawang putih yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak hingga harum
2. Jika sudah masukan petis dengan garam kemudian aduk hingga beraroma
3. Tuangkan air serta bahan-bahan lain seperti gula merah dan kecap manis, kemudian masak hingga mendidih
4. Jika sudah masukan tepung beras kemudian aduk dan masak hingga menjadi mengental.
5. Siapkan tahu pong yang telah digoreng kemudian belah pada bagian sisinya, dan olesi dengan saus petis yang sudah dimasak.
6. Jika sudah semuanya, sajikanlah dengan cabai rawit.

0 comments:

Post a Comment