Resep Membuat Kue 8 Jam Khas Palembang

Kota Palembang adalah ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, yang semua orang pasti tahu jika kota ini terkenal dengan makanan yang sangat legendaris yaitu Empek-empek atau Pempek. Namun jika anda sedang berkunjung ke kota tersebut, ada banyak kuliner lainnya yang bisa anda coba dan salah satunya adalah apa yang dinamakan dengan kue 8 Jam. Kue ini adalah salah satu jenis kue tradisional khas daerah tersebut, yang juga menjadi salah satu kekayaan kuliner Nusantara.

Mungkin anda akan sedikit bertanya-tanya kenapa kue ini namanya sangat unik yaitu delapan jam, yang ejaannya sangat berbeda dengan kue-kue tradisional lainnya yang menggunakan nama sesuai logat bahasa daerah masing-masing. Kue ini dinamakan demikian karena konon kabarnya kue seperti ini dalam proses pembuatannya memakan waktu yang agak lama yaitu kurang lebih 8 jam, sehingga kue ini dinamakan demikian.

Kue 8 jam berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan sering disajikan untuk para tamu terhormat dan juga sering ada ketika hari raya tiba. Namun untuk sekarang kue seperti ini bisa dengan mudah didapatkan ditoko-toko kue di kota Palembang, sehingga bagi anda yang sedang berlibur ke kota ini tentu saja akan lebih mudah untuk bisa mendapatkannya, atau mungkin juga bisa anda beli untuk oleh-oleh buat keluarga anda.

Kue yang memiliki nama unik ini, memiliki rasa yang manis, legit dan ketika digigit juga empuk sehingga bagi siapapun pasti akan suka dengan kue ini termasuk anak-anak. Namun sayangnya kue ini menurut kami hanya banyak ditemukan di Palembang saja, sehingga bagi anda yang penasaran dengan kue 8 jam akan sangat kesulitan untuk bisa menemukannya didaerah lain. Oleh karena itu bagi anda yang belum punya waktu untuk berlibur ke Palembang dan ingin mencicipi kue 8 Jam maka yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Jika anda tertarik berikut adalah salah satu resepnya.
Resep Kue 8 Jam
20 butir telur ayam
1 kaleng susu kental manis
700 gram gula pasir
75 gram margarin kemudian cairkan
Vanili secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan telur dan gula kemudian kocok hingga gulanya larut, namun jangan terlalu mengembang.
2. Jika sudah tuangkan susu kemudian aduk rata, diikuti dengan margarin cair dan vanili dan aduk kembali hingga merata
3. Tuangkan adonan kedalam loyang yang sudah diolesi mentega sebelumnya.
4. Jika sudah kukuslah kira-kira 8 jam dan tutuplah kukusan tersebut dengan kain bersih agar embun tidak menetes.
5. Jika sudah matang angkat dan dinginkan, kemudian potong-potong sesuai selera dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment