Resep Kue Kremes Ubi Jalar Tradisional

Halo sobat semua semoga kabar baik akan selalu menyertai anda semua dimanapun anda berada. Tidak perlu berbasa-basi lagi pada kesempatan kali ini kami akan membahas sebuah kue kering tradisional yang dahulu populer ditengah masyarakat, namun sayangnya sekarang kue ini sudah cukup jarang untuk bisa ditemukan kembali. Kue ini adalah apa yang dinamakan dengan kue Kremes yang mungkin apabila anda mengalami masa kecil diera 90-80an mungkin pernah mencicipinya.

Kue ini memiliki bentuk yang sangat unik karena seperti sarang burung yang terdiri dari kumpulan rumput yang dibentuk rapi sehingga juga bisa dibilang seperti kumparan benang wol, namun jangan salah ya karena kue ini bukan berarti terbuat dari rumput maupun benang wol akan tetapi terbuat dari ubi jalar yang dilapisi oleh gula merah. Selain itu sesuai dengan namanya kue ini akan terasa renyah apabila digigit dan memiliki rasa yang manis yang khas dan ada rasa sedikit gurihnya.

Dahulu kue seperti ini sangat mudah untuk bisa ditemukan diwarung-warung dikampung-kampung maupun pasar tradisional, namun untuk sekarang seperti kita tahu jika warung-warung lebih banyak menjajakan snack-snack dengan kemasan yang lebih menarik. Sehingga kue kering seperti ini seakan-akan juga sudah mulai dilupakan, padahal jika dilihat dari rasanya sebenarnya juga tidak kalah enak dengan kue jaman sekarang, selain itu harganyapun juga terjangkau.

Kue Kremes didaerah Jawa Tengah dan Jawa Timur juga dikenal sebagai kue Carang Emas, sedangkan didaerah Sumatra juga memiliki sebutan lain yaitu kue Sarang Balam. Kue ini memang membuat kita rindu bagi kita yang pernah mencicipinya, namun mungkin juga bisa membuat anda penasaran yang belum pernah sama-sekali merasakannya, sedangkan mungkin dibeberapa daerah sudah sulit untuk bisa menemukannya. Oleh karena itu tentu saja yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri untuk bernostalgia, selain itu bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak, dan bagi anda yang tertarik berikut adalah salah satu resepnya.
Resep Kue Kremes
350 gram ubi jalar, kupas dan bersihkan
100 gram gula merah, disisir
Garam Secukupnya

Cara membuat
1. Ubi yang telah dikupas dan dibersihkan kemudian diiris tipis dan halus
2. Jika sudah rendamlah irisan ubi tersebut pada larutan air garam. Jika sudah kemudian tiriskan
3. Siapkan wajan cekung anti lengket dan panaskan minyak, jika sudah gorenglah ubi hingga setengah matang
4. Masukan gula merah sisir secukupnya, kemudian aduk hingga gula mencair dan tercampur rata dengan ubi
5. Jika sudah ambil adonan secukupnya, kemudian masukan kedalam mangkok dan bentuk bulat-bulat, kemudian dinginkan hingga mengeras. Lakukan hingga semua adonan habis

0 comments:

Post a Comment