Membuat Pempek Kapal Selam dan Mengenal Sejarahnya

Beberapa waktu yang lalu kami pernah membahas salah satu jenis kuliner legendaris Indonesia yang berasal dari Palembang yaitu Pempek(Empek-empek) yang berjenis lenjer, atau pempek yang berbentuk seperti tabung. Maka untuk artikel ini juga masih seputar kuliner pempek, namun jenis yang lain atau orang banyak yang menyebutnya sebagai pempek kapal selam.

Sebenarnya kedua jenis pempek ini hampir mirip dan tidak terlalu banyak perbedaan, karena secara mendasar perbedaanya untuk pempek kapal selam pada bagian tengahnya diberi tambahan isi berupa telur(bisa telur ayam atau bebek), sedangkan pempek lenjer tidak. Hal ini tentu saja akan menambah rasa dari pempek atau empek-empek tersebut, namun semua juga tergantung dari selera masing-masing.

Sebelum kita membahas tentang cara membuat pempek kapal selam yang bisa dibilang yang paling terkenal jika dibandingkan dengan jenis pempek lain. Alangkah menariknya lagi jika kita juga mengenal sejarah dari kuliner yang sangat lezat ini, yang semoga bisa sedikit menambah wacana buat kita semua. Sesuai dari sumber yang kami dapatkan di situs Wikipedia, jika pempek atau empek-empek konon kabarnya dibuat pertama kali oleh seorang perantauan dari Cina di Palembang sekitar abad ke 16, yang merasa prihatin dengan hasil tangkapan ikan yang melimpah di sungai Musi dan kurang dimanfaatkan dengan baik. Oleh sebab itu beliau berusaha memanfaatkan dengan menciptakan makanan baru, dari hasil tangkapan ikan tersebut agar lebih lezat untuk dinikmati. 

Orang perantauan tersebut adalah seorang lelaki yang sudah berumur tua, dan sebutan orang tua laki-laki untuk masyarakat keturunan Cina ketika itu adalak Apek. Dari sinilah nama empek-empek mulai dikenal karena penjaja kuliner ini ketika itu adalah para Apek perantauan Cina, sehingga ketika ada orang yang ingin membelinya sering memanggil dengan sebutan "pek..apek". Hingga kemudian makanan yang terbuat dari adonan tepung sagu dan ikan ini disebut sebagai empek-empek atau pempek.

Setelah membaca sedikit uraian dari sejarah empek-empek atau pempek, mungkin ada diantara anda yang ingin mencoba membuat pempek kapal selam yang pada bagian tengahnya berisi telur. Jika anda tertarik bacalah yang dibawah ini tentang resep dan cara membuatnya.

Resep Pempek Kapal Selam
Adonan pempek dan saus  cuko seperti yang pernah kami bahas sebelumnya(klik link ini)
2 telur ayam atau bebek rebus, kemudian belah menjadi 2-4 sesuai selera

Bahan pelengkap
Mie Basah
Timun dipotong-potong dadu

Cara membuat
1. Ambil adonan sesuai selera kemudian bentuk bulat
2. Jika sudah cekungkan pada bagian tengahnya sehingga berbentuk seperti mangkuk
3. Isikan telur rebus yang sudah disiapkan kemudian tutup rapat, hingga bentuknya kira-kira seperti pada gambar diatas
4. Rebus Adonan Pempek kapal selam yang sudah dibentuk dengan air mendidih dan pada umumnya akan mengapung. Jika sudah angkat dan tiriskan
5. Gorenglah dengan minyak hingga warna berubah kuning kecokelatan
6. Potong-potong dan sajikan dengan saus cuko, mie basah serta mentimun.

Sumber sejarah pempek : http://id.wikipedia.org/wiki/Pempek

0 comments:

Post a Comment