Resep Kue Lepat Parut

Kepulauan Bangka Belitung adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dari pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung , yang terletak di sebelah timur Pulau Sumatera dan berdekatan dengan provinsi Sumatera Selatan. Daerah ini juga menyimpan jutaan kuliner yang sangat menarik untuk dibahas, dan salah satunya adalah apa yang disebut sebagai kue Lepat Parut yang rasanya manis dan nikmat. Kue ini adalah salah satu jenis kue tradisional daerah tersebut yang bahan dasarnya terbuat dari singkong dan kelapa parut, sehingga tentu saja bahan-bahan tersebut juga sangat mudah untuk bisa kita temukan dimana saja dan harganya juga terjangkau.

Kue Lepat Parut atau ada yang juga yang menyebutnya sebagai kue Lepat Ubi pada umumnya berbentuk pipih memanjang dan terbungkus oleh daun pisang, sehingga bisa dibilang agak mirip dengan kue Lemet yang ada di Jawa. Bahkan Kedua kue tersebut juga memiliki banyak kesamaan yaitu sama-sama terbuat dari singkong parut dan kelapa parut dengan bahan pemanis berupa gula merah, selain itu untuk cara memasaknyapun juga sama yaitu sama-sama dikukus. Sedangakan untuk sedikit perbedaanya adalah pada umumnya kue Lemet dicampur dengan irisan kecil-kecil buah nangka.

Kue Lepat Parut menggunakan bahan pemanis berupa gula merah, sehingga kue seperti ini akan memiliki warna yang agak kecokelatan dan ketika digigit akan terasa empuk dan sedikit kenyal. Namun sayangnya kue seperti ini sangat jarang untuk bisa kita temukan didaerah lainnya, sehingga bagi anda yang penasaran ingin mencicipi nikmatnnya kue Lepat Parut dan berada diluar daerah pasti akan kesulitan untuk bisa menemukannya.

Oleh karena itu yang terbaik adalah mencoba membuatnya sendiri, karena selain mudah bahan-bahan yang dibutuhkan juga ada dimana saja selain itu harganyapun juga murah. Tidak perlu berpanjang lebar lagi jika anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuat kue Lepat Parut.
Rasep Kue Lepat Parut
1 KG Singkong
1/2 Butir Kelapa
175 gram gula merah
Garam secukupnya
Daun pisang dan lidi secukupnya untuk membungkus

Cara Membuat

1. Kupas singkong bersihkan kemudian parut, kelapa juga diparut, dan gula merah disisir.
2. Jika sudah campurkan singkong yang telah diparut, kelapa, gula dan garam menjadi satu dan kemudian aduk rata
3. Ambil 2 sendok makan adonan kemudian letakan pada selembar daun pisang dan bungkus. Ulangi hingga adonan habis
4. Kukuslah selama kurang lebih setengah jam hingga matang.
5. Jika sudah angkat, dinginkan kemudian sajikan.

0 comments:

Post a Comment