Resep Kue Balapis (Kue Khas Manado)

Jika sebelumnya kita membahas kue lepat parut yaitu salah satu kue khas daerah Bangka Belitung, maka sekarang mari kita menuju ke ibu kota provinsi Sulawesi Utara yaitu kota Manado. Daerah ini memiliki sebuah kue tradisional yang menarik untuk kita bahas yaitu apa yang dinamakan dengan kue Balapis. Sesuai dengan namanya kue ini memiliki tekstur yang berlapis-lapis, dan ketika digigit begitu lembut dan enak.

Bentuknya yang menarik tentu kue seperti ini akan disukai oleh semua orang termasuk anak-anak, selain itu rasanya yang juga manis yang akan membuat kita terasa ketagihan dan ingin memakannya hingga habis. Kue seperti ini bisa dibuat dengan tepung terigu, yang setiap lapisan bisa diberi warna baik itu cokelat yang didapat dari bahan seperti cokelat bubuk, kemudian warna agak kehijauan yang didapat dari air daun pandan, namun mungkin juga bisa warna-warna lainnya sesuai dengan selera.

Kue Balapis banyak bisa kita temukan di Manado dan menjadi salah satu kue tradisional Indonesia yang harus tetap kita lestarikan, sebagai kekayaan kuliner nusantara. Selain itu didaerah lainnya secara umum kue ini ada kemiripan dengan kue lapis, karena bentuknya mirip dan juga bahan untuk membuatnya.

Mungkin ada diantara anda yang penasaran dengan kue Balapis khas Manado ini, oleh karena itu bagi anda yang sedang berlibur ke kota Manado maka tidak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi kue khas dari daerah tersebut. Namun apabila anda sedang memiliki banyak kesibukan dan tidak sempat untuk berlibur ke kota Mando, maka yang terbaik adalah mencoba membuat sendiri kue Balapis dirumah, dan jika anda tertarik berikut adalah salah satu resepnya.
Resep Kue Balapis
250 gram tepung terigu
1,5 liter santan dari 2 butir kelapa
250 gram gula pasir
30 gram cokelat bubuk, kemudian beri sedikit air panas dan larutkan
¼ sendok kecil vanili
2 helai daun pandan, kemudian tumbuk beri sedikit air dan peras air sarinya

Cara membuat
1. Pertama campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, gula pasir, vanili, beserta garam kemudian aduk hingga merata
2. Jika sudah tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan cair
3. Bagilah adonan menjadi 2 bagian, adonan pertama campurkan dengan larutan cokelat bubuk dan adonan kedua campurkan dengan air sari daun pandan
4. Siapkan loyang kemudian olesi minyak dan alasi dengan plastik
5. Panaskan dandang, kemudian taruh loyang dan tuangkan adonan hijau kira-kira 100ml dan tutup dandang alasi dengan serbet, kemudian kukus sebentar kira-kira 10 menit.
6. Jika sudah buka dandang, dan tuangkan adonan cokelat kira-kira 100ml dan lakukan terus secara bergantian sampai adonan habis
7. Terakhir kukuslah kira-kira setengah jam hingga kue menjadi matang.

0 comments:

Post a Comment