Resep Kue Tradisional Sagon Kelapa

Masih seputar kue tradisional Nusantara yang seakan-akan tiada habisnya untuk dibahas, karena di negeri kita yang tercinta ini kue tradisional sangatlah banyak jumlahnya dari Sabang sampai Meuroke hampir disetiap daerah memiliki kue khas tradisional masing-masing. Jika sebelumnya kami pernah membahas kue Lumpang yang bentuknya cukup unik karena ada cekungan pada bagian tengahnya, maka untuk artikel ini kami juga akan membahas kue tradisional lain yaitu yang bernama kue Sagon Kelapa. 

Sesuai dengan namanya, kue ini terbuat dari adonan kelapa parut yang dipadukan dengan tepung ketan, kemudian dimasak dengan cara panggang sehingga menghasilkan kue dengan cita rasa yang khas. Namun selain dari pada itu ada juga kue Sagon Kelapa yang dimasak dengan cara di bakar, sehingga perbedaan cara memasak tersebut juga akan menghasilkan cita rasa yang berbeda, yang keduanya juga sama-sama enak untuk kita jadikan camilan keluarga maupun hidangan untuk tamu.

Secara umum kue ini memiliki bentuk oval, namun dalam perkembangannya tentu saja kue ini bisa dibentuk sesuai selera bagi yang membuatnya. Rasa dari kue ini sendiri adalah manis agak gurih dengan aroma kelapa sehingga akan membuat kita akan terasa selalu ingin memakannnya hingga habis, dan disukai oleh kalangan anak-anak kecil hingga orang-orang dewasa.

Untuk membuat kue Sagon Kelapa seperti ini sebenarnya cukup mudah dan tidak membutuhkan bahan yang banyak, oleh karena itu bagai anda yang ingin membuat sendiri kue seperti ini. Maka pada artikel ini kami juga akan sedikit berbagai tentang resep sederhana dan cara membuat kue Sagon Kelapa, yang merupakan salah satu kue tradisional legendaris Indonesia.
Resep Kue Sagon Kelapa
600 gram kelapa parut panjang kemudian di sangrai
500 gram tepung ketan
1 sendok kecil garam
350 gram gula pasir
100 ml air

Cara membuat
1. Campurkan beberapa bahan seperti kelapa parut sangrai, tepung ketan, gula dan garam.
2. Jika sudah berilah air sedikit demi sedikit kemudian aduklah merata.
3. Ambilah 1 sendok makan adonan isikan kedalam cetakan, kemudian padatkan kira-kira menjadi setebal 1 cm
4. Jika sudah semuanya keluarkan dan letakan pada loyang
5. Masukan kedalam oven kemudian panggang dengan suhu 150°C kira-kira 25 menit sampai kering dan matang.
6. Jika sudah keluarkan dan tunggu hingga dingin, baru kue Sagon Kelapa bisa disajikan.

0 comments:

Post a Comment