Resep Kue Lemet Singkong isi Nangka

Apakah anda tau kue Lemet yaitu sebuah jajanan pasar yang rasanya begitu manis dan harganya sangat ringan dikantong. Kue ini dahulu sangat populer di pulau Jawa yang digunakan untuk hidangan para tamu dikampung-kampung atau sebagai camilan bersama keluarga, yang dahulu juga sangat digemari oleh masyarakat. Namun sayangnya menurut kami kue ini sudah jarang yang membuatnya bahkan untuk anak-anak muda jaman sekarang nyaris belum pernah mengenalnya apalagi mencicipinya.

Kue lemet dibuat dengan bahan dasar singkong yang dicampur dengan gula Jawa, sehingga tidak heran jika kue ini bisa dibilang membutuhkan biaya yang sangat murah untuk membuatnya. Namun walaupun terbuat dari bahan singkong yang murah bukan berarti kue lemet ini kurang enak rasanya, karena kue lemet juga sangat manis khas gula Jawa dan pada umumnya pada bagian isinya diberi irisan nangka yang membuat kue lemet semakin harum aromanya dan nikmat.

Seperti kue jajanan pasar tradisional lainnya, kue lemet pada umumnya dibungkus dengan daun pisang sehingga lebih alami, dan selain itu pada umumnya juga berbentuk agak pipih memanjang. Kue lemet memiliki daging yang berwarna cokelat tua, hal ini karena ketika membuat dicampur dengan gula Jawa, dan ketika digigit juga agak terasa sedikit kenyal dan lengket. Mungkin karena hal inilah kue ini dinamakan demikian, karena lemet di beberapa daerah di Jawa ada yang mengartikannya sebagai "lengket".

Kue ini memang membuat rindu dimasa kecil, namun sayangnya untuk sekarang jarang sekali ada orang yang menjualnya. Oleh karena itu bagi anda yang ingin menikmati kembali betapa enaknya kue Lemet, atau bagi anda yang penasaran dengan kue lemet setelah membaca artikel ini, maka yang terbaik adalah mari kita mencoba untuk membuatnya sendiri. Namun jika anda belum tahu resepnya silhakan menyimak yang ada dibawah ini.
Resep Kue Lemet
1/2 kg singkong
1/4 kg gula merah
1/2 butir kelapa pilih yang agak muda
5 potong buah nangka
Garam secukupnya
Daun pisang untuk membungkus secukupnya

Cara Membuat
1. Kupas singkong kemudian bersihkan dan parut hingga halus. Untuk bahan lainnya buah nangka silahkan diiris kecil-kecil, gula merah disisir tipis, dan kelapa juga diparut
2. Siapkan wadah kemudian campurkan bahan-bahan seperti parutan singkong dan kelapa, irisan nangka, sisiran gula Jawa, dan garam kemudian aduk hingga semuanya merata.
3. Ambil 2-3 sendok untuk tiap kue lemet kemudian bungkus dengan daun pisang.
4. Jika semuanya sudah kemudian kukuslah hingga matang, kira-kira setengah jam

Sekarang kue lemet anda sudah jadi, sajikan ketika sudah hangat atau dingin dan akan lebih nikmat lagi dinikmati secara bersama-sama dengan secangkir teh, sehingga akan menambah suasana menjadi lebih menyenangkan, sekaligus nostalgia dengan menyantab jajanan pasar masa kecil yaitu kue lemet.  

0 comments:

Post a Comment