Resep Membuat Perkedel Tempe Gurih Pedas

Jika sebelumnya kami pernah membahas tentang cara membuat salah satu jenis perkedel yaitu yang terbuat dari tahu, maka tidak lengkap rasanya jika kita juga tidak membahas jenis perkedel lainnya dari bahan yang merupakan saudara dekat dari tahu yaitu tempe. Sesuai dengan bahan untuk membuatnya tentu saja perkedel macam ini dinamakan perkedel tempe, yang menurut kami sudah agak jarang ada orang yang membuatnya.

Perkedel tempe memiliki rasa yang sangat khas dengan aroma dan cita rasa tempe yang akan membuat kita semua akan terasa selalu ingin memakannya. Rasanya yang sangat gurih dan juga ada yang sedikit pedas, membuat perkedel macam ini sangat cocok untuk teman makan dengan beberapa jenis masakan seperti sup, soto, sayur bening dan lain-lain. Namun tidak lepas dari itu tentu saja perkedel tempe juga enak untuk dimakan langsung dengan dicelup saus tomat maupun saus pedas.

Hampir sama dengan beberapa jenis perkedel lainnya, perkedel tempe juga dibuat dengan cara dihaluskan kemudian dicampur dengan aneka macam bumbu rempah gurih kemudian dibentuk dan digoreng. Bagi anda yang pernah mencicipi perkedel ini tentu saja akan dibuat rindu olehnya, mengingat gorengan seperti ini menurut kami juga sangat jarang ada warung-warung makan yang menyajikannya.

Oleh karena itu bagi anda yang merindukan perkedel tempe atau bahkan mungkin belum pernah sama sekali mencicipinya dan penasaran dibuatnya, yang paling baik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi mengenai resep dan cara membuat perkedel tempe, dan jika anda tertarik silahkan baca yang ada dibawah ini.
Resep Perkedel Tempe
300 gram tempe pilih yang masih baik kemudian dihaluskan
2 sendok makan tepung terigu
1 putih telur
2 helai daun bawang/onclang iris kecil-kecil

Bahan bumbu
5 bawang merah
2 siung bawang putih
5 cabe rawit merah (atau bisa disesuaikan dengan selera)
1/4 sendok kecil merica bubuk
2 cm kencur
1 sendok kecil terasi
3 buah cabai merah
1 sendok kecil gula
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Pertama haluskan beberapa bahan bumbu seperti merica bubuk, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi,  kencur, garam, beserta gula.
2. Jika sudah kemudian tempe yang telah dihaluskan kemudian campurkan dengan bumbu halus diatas beserta putih telur, irisan daun bawang, kemudian aduk hungga merata.
3. Ambil adonan sesuai selera kemudian bentuklah bulat pipih dan goreng hingga matang.

0 comments:

Post a Comment