Resep Membuat Sate Usus Ayam Bakar

Sesuai dengan yang pernah kami singgung sebelumnya jika masakan sate yaitu sebuah masakan yang memiliki ciri khas ditusuk oleh potongan bambu tipis dan disusun secara berjejer, juga memiliki bermacam-macam jenis berdasarkan dari bahan untuk membuatnya. Jika sebelumnya kami membahas tentang cara membuat dan resep sate telur puyuh, maka untuk artikel kali ini juga masih seputar masakan sate, namun untuk kali ini terbuat dari usus ayam sehingga disebut sebagai sate usus.

Sate seperti ini menurut kami sudah tersebar diberbagai daerah nusantara sejak jaman dahulu, dan sangat mudah untuk bisa kita temukan di warung-warung soto, mie ayam hingga warung nasi kucing yang ada dijalan-jalan sebagai tambahan lauk ketika jajan ditempat-tempat tersebut. Rasa dari sate ini tentu juga sangat nikmat dan gurih sehingga mampu menggugah selera makan kita ketika memakannya dengan nasi putih saja. Namun selain dari pada itu sate seperti ini juga sangat nikmat jika kita makan langsung sebagai camilan bersama keluarga maupun teman-teman anda.

Seperti jenis sate lainnya jika sate usus ayam juga dimasak dengan cara dibakar, namun juga ada yang dimasak dengan cara digoreng sesuai dengan selera atau mungkin ciri khas daerah tertentu. Memang cukup mudah untuk bisa menemukan sate usus yang penuh sensasi ini, karena pada umumnya usus ayam yang sudah dimasak tetap dibiarkan memanjang kemudian ditusukan ke tusuk sate dengan cara seperti dilipat-lipat. Sehingga sate usus seperti ini ketika dimakan masih berbentuk panjang sehingga mulut kita harus menggigitnya agar usus yang panjang tersebut terputus kemudian dikunyah.

Mungkin ada diantara anda yang penasaran ingin membuat sate usus seperti ini, apalagi yang membuatnya dengan cara dibakar maka akan terasa lebih asyik jika dilakukan secara bersama-sama teman-teman atau keluarga. Jika anda tertarik ingin membuatnya berikut adalah salah satu resepnya dalam membuat sate usus bakar.
Resep Sate Usus Bakar
250 gram usus ayam kemudian bersihkan hingga benar-benar bersih
150 ml santan kental
1/2 sendok makan gula merah
1,5 cm lengkuas kemudian dimemarkan
1 lembar daun salam
Garam secukupnya

Bumbu halus:
2 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar

Cara membuat

1. Tumislah bumbu halus, daun salam dan lengkuas dengan sedikit minyak hingga harum, kemudian masukan usus dan aduk hingga bumbu merata.
2. Jika sudah tuangkan santan, garam, beserta gula merah kemudian aduk rata dan tunggulah hingga mengering kemudian angkat dan tunggu hingga hangat.
3. Tusukan usus pada tusuk sate kemudian bakarlah dengan bara api dari arang hingga matang.

0 comments:

Post a Comment