Cara Membuat Bubur Ketela Rambat aka Bubur Telo

Bubur adalah salah satu masakan atau sajian yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia karena selain rasanya yang sangat enak, namun juga mudah untuk dicerna karena teksturnya yang sangat lembut. Jenis bubur sendiri sebenarnya juga sangat beragam yang dibedakan atas dasar dari bahan untuk membuatnya, dan salah satu jenis diantaranya adalah bubur ketela rambat atau masyarakat Jawa lebih mengenalnya sebagai bubur telo.

Bubur seperti ini sangatlah murah meriah dan mudah untuk membuatnya, karena bahannya adalah berupa ketela rambat yang dikupas kemudian dipotong kotak-kotak, beserta dengan tepung kanji dan gula merah. Rasa dari bubur ini tentu saja sangat manis dengan aroma gula merah yang dipadukan dengan rasa manis dari ketela rambat yang khas, terlebih lagi pada umumnya bubur ini juga ditambah dengan kesegaran kuah santan yang disiram diatasnya, sehingga akan membuat banyak orang yang suka dengan bubur seperti ini.

Bubur ketela rambat atau ubi jalar mungkin lebih populer di daerah Jawa, selain itu juga cukup mudah bisa ditemukan dipasar-pasar tradional yang pada umumnya juga menjajakan beberapa jenis bubur lainnya. Untuk dibeberapa daerah mungkin sudah banyak yang bisa membuat bubur seperti ini, namun apabila ada diantara anda yang belum pernah membuatnya, bahkan mungkin ada yang belum pernah mencicipinya, ada baik jika mencoba untuk membuatnya. Jika anda tertarik berikut adalah cara dan resep untuk membuat bubur ketela rambat atau ubi jalar.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram ketela rambat, kupas dan potong dadu kemudian cuci bersih
100 gram gula merah, disisir
5 sendok makan penuh tepung kanji(jika suka kental bisa ditambahkan)
2 helai daun pandan dan simpulkan
Garam dan gula pasir secukupnya
1 Liter air

Kuah santan
1 gelas santan
1 helai daun pandan simpulkan
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Rebuslah ketela rambat hingga agak empuk, jika sudah masukan gula merah sisir, daun pandan, garam dan gula pasir dan tunggu hingga gula mencair sambil diaduk.
2. Tuangkan tepung kanji sambil diaduk-aduk terus hingga kuahnya mengental menjadi bubur.
3. Buat saus santanya caranya, campurkan semua bahan kuah santan kemudian rebus hingga mendidih.
4. Sajikan bubur ketela rambat dalam piring atau mangkuk dan atasnya disiram kuah santan.

Mudah bukan sekarang bubur anda sudah jadi dan siap untuk disajikan bersama dengan teman anda atau dengan keluarga tercinta. Sajikan ketika bubur dalam keadaan hangat agar lebih nikmat, walaupun sebenarnya dalam keadaan dinginpun bubur seperti ini juga cukup nikmat untuk disantab.

0 comments:

Post a Comment