Resep Membuat Cap Cay Goreng

Jika sebelumnya kami pernah membahas tentang cara membuat salah satu jenis masakan legendaris Capcay kuah yang kaya akan sayuran, maka untuk artikel kali ini kami juga akan membahas masakan sejenis yaitu Cap cay goreng. Sesuai dengan namanya tentu saja masakan seperti ini dimasak dengan cara digoreng, dan hampir sama dengan cap cay kuah jika cap cay goreng juga terdiri dari bermacam-macam sayuran yang disukai oleh masyarakat Indonesia.

Sudah pasti anda sudah pernah mencicipi masakan seperti ini, karena cap cay goreng juga banyak sekali yang menjualnya dari para pedagang keliling hingga restoran-restoran, bahkan hotel-hotel bintang lima yang menyajikan masakan seperti ini. Selain itu masakan seperti ini juga sudah tersebar luas di nusantara, sehingga kemungkinan dimana saja mudah untuk mendapatkannya.

Cap cay goreng sangat nikmat untuk dimakan langsung terlebih lagi jika dalam keadaan hangat, walaupun jika sudah dingin sebenarnya masakan seperti ini juga tetap nikmat. Selain itu masakan seperti ini juga cocok jika dimakan dengan nasi putih hangat, sehingga akan membuat perut kita akan lebih kenyang. Bahkan selain itu Cap cay goreng juga akan membuat nafsu makan kita bertambah, sehingga tidak heran bagi anak-anak kecil yang susah untuk makan terlebih lagi makan sayuran, pada umumnya tetap suka makan nasi dengan cap cay goreng.

Memang sangat mudah untuk bisa mendapatkan Cap cay goreng dimana saja, dan selain itu kemungkinan juga banyak diantara anda yang sudah bisa membuat cap cay goreng sesuai dengan variasi masing-masing. Namun apabila ada diantara anda yang belum pernah membuat capcay goreng dan ingin mencobanya berikut adalah salah satu resepnya.
Resep Cap cay goreng
6 buah bakso, iris-iris agak tipis
3 batang sosis siap saji, iris-iris agak tipis
2 buah wortel, potong serong
Sayuran kol, dipotong-potong
Kembang kol, dipotong-potong
Sawi hijau, dipotong-potong
Kekian atau bisa bakwan, dipotong-potong
3 siung bawang putih
1 sendok kecil garam
1/2 sendok kecil merica
1/2 sendok kecil gula pasir
1 butir tellur
50 ml air
1 sendok makan margarin untuk menumis

Bahan membuat bakwan
125 gram tepung terigu
1 siung bawang putih haluskan
1/2 sendok kecil merica
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat

1. Buatlah bakwan goreng terlebih dahulu, campurkan semua bahan bakwan kemudian ambil adonan dan goreng hingga matang kekuningan dan potong-potong.
2. Siapkan wajan panaskan margarin, kemudian tumis bawang putih hingga harum, tuangkan telur dan aduk hingga telur menggumpal kecil-kecil.
3. Jika sudah irisan bakso dan sosis masukan, beri sedikit air kemudian garam, gula dan lada kemudian aduk.
4. Masukan irisan wortel dan tunggu hingga agak empuk. Jika sudah masukan sayur-sayuran lain dan bakwan yang telah dipotong-potong kemudian aduk rata dan tunggu hingga matang.

0 comments:

Post a Comment