Resep Membuat Cap-cai Kuah

Masyarakat Indonesia sangat familier dengan salah satu jenis masakan yang sangat lezat yang bernama Cap cai(Cap cay). Bisa dibilang mungkin sebagian besar dari kita pernah mencicipi masakan yang penuh dengan sayuran ini, karena banyak dijual oleh pedagang kaki lima dimanapun berada, hingga kelas restoran mewah dan hotel. Tidak heran memang jika banyak orang yang sangat suka dengan jenis masakan ini karena selain lezat namun juga sehat.

Jika dilihat dari namanya masakan ini memang bukan ejaan asli bahasa Indonesia, dan anda sendiri pasti juga sudah bisa menebak jika Cap cai merupakan bahasa orang Tionghua. Sesuai dari sumber yang kami dapatkan Cap cai merupakan dialek Hokkian yang memiliki arti sebagai aneka ragam sayur, dan selain dari pada itu kemungkinan besar masakan lezat ini memang dari dari Cina yang dibawa ke Indonesia sejak jaman dahulu dan sangat populer hingga sekarang.

Di Indonesia sendiri Cap cai secara umum dikenal terdapat dua jenis yaitu yang berkuah dan Cap cai goreng tanpa kuah. Keduanya sama-sama lezat dan memiliki cita rasa khas masing-masing yang akan selalu membuat lidah kita selalu ingin memakannya. Jika Capcai kuah menurut kami sangat cocok dinikmati ketika cuaca dingin dengan kuah yang hangat, sednagkan capcai goreng cocok untuk segala cuaca, baik dimakan dengan nasi atau dimakan langsung.

Untuk mendapatkan Capcai tentu sangat mudah karena banyak pedagang yang menjajakannya, selain itu masyarakat Indonesia sendiri baik para ibu-ibu rumah tangga maupun penghobi dunia masak-memasak pasti sudah bisa membuat masakan seperti ini. Namun jika ada diantara anda yang belum pernah membuat Capcai dan tertarik ingin mencoba membuatnya, berikut adalah resep dan cara membuat Cap cai, namun untuk kesempatan kali ini adalah untuk cap cai kuah.
Resep Cap cai kuah
200 gram dada ayam disuwir-suwir
4 batang sosis dipotong-potong
1/2 batang bunga kol
2 buah wortel, potong tipis
4 biji kekian dipotong-potong
100 Gram Kembang Kol dipotong-potong
2 batang daun bawang iris kecil-kecil
100 gram kol dipotong-potong
6 lembar sayur sawi dipotong-potong
4 siung bawang merah kemudian haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok merica bubuk
1 liter air kaldu ayam (atau juga bisa menggunakan kaldu bubuk)
garam dan gula secukupnya

Cara Membuat
1. Siapkan penggorengan kemudian tumislah bawang merah dan putih yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak, dan tunggu hingga harum
2. Masukan daging ayam yang sudah disuwir-suwir, hingga berubah warna kemudian masukan kekian dan sosis
3. Tuangkan air kaldu bersama bumbu-bumbu lainnya seperti merica bubuk, garam, dan gula.
4. Jiak semuanya sudah baru masukan semua sayuran yang telah dipotong-potong, masaklah hingga matang dan airnya mendidih.
5. Capcai sudah siap untuk disajikan bersama keluarga.

0 comments:

Post a Comment