Resep Membuat Donat Kentang

Masyarakat didunia siapa sih yang belum pernah mencicipi kue donat, yaitu sebuah kue legendaris yang sudah tersebar dihampir seluruh bagian bumi ini dan memiliki bentuk yang sangat khas karena seperti cincin yang terdapat lubang ditengahnya. Konon kabarnya kue donat dibuat dengan dibentuk demikian karena dahulu kala ada seorang kapten kapal asal Denmark yang bernama Hanson Gregory, yang sangat sibuk memegang stir kapal sehingga kue yang akan beliau makan ditancapkan pada kemudi kapal tersebut agar tidak mudah jatuh sehingga bagian tengahnya berlubang.

Dalam perkembangannya kue Donat sendiri juga cukup beragam dan salah satunya apa yang sering disebut-sebut orang sebagai Donat Kentang. Sesuai dengan namanya tentu saja mudah sekali ditebak jika kue donat ini terbuat dari kentang yang dicampur dengan adonan tepung, sehingga tercipta kue donat dengan cita rasa tersendiri. Mungkin anda sendiri juga sudah pernah mencicipi nikmatnya kue donat kentang seperti ini, karena menurut kami dibeberapa tempat sudah begitu populer sehingga pada acara-acara tertentu cukup banyak yang membuatnya.

Karena donat ini terbuat dari kentang tentu saja rasa dan aromanya juga berbeda dengan donat biasa, selain itu kentang sendiri juga bisa membuat perut kita kenyang, sehingga juga bisa menunda rasa lapar kita bila menyantabnya. Kue donat kentang sangat cocok dijadikan sebagai camilan keluarga maupun sajian untuk berbagai acara-acara tertentu, selain itu akan lebih nikmat lagi jika ditaburi bahan pemanis seperti gula tepung khusus donat, meises, cokelat leleh dan lain-lain sesuai selera anda.

Setelah sedikit membahas tentang kue donat kentang, mari kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri. Mungkin anda semua sudah banyak yang bisa membuat kue donat yang terbuat dari kentang seperti ini, namun apabila ada yang belum bisa membuatnya dan ingin mencobanya, silahkan baca yang ada dibawah ini.
Resep Donat Kentang
500 gram tepung terigu protein tinggi
250 gram kentang kukus kemudian haluskan
100 gram gula halus
50 gram susu bubuk
11 gram ragi instant (1 bungkus)
4 butir kuning telur ayam
75 gram mentega
100 ml air dingin
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Pertama siapkan wadah kemudian campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant dan aduk hingga merata. Jika sudah baru masukan kentang kukus kemudian aduk kembali
2. Masukan kuning telur dan air dingin kemudian uleni hingga agak kalis. Jika sudah berikan mentega dan garam, dan uleni lagi hingga benar-benar kalis, kemudian diamkan kira-kira seperempat jam.
3. Bagilah adonan menjadi beberapa bagian kira-kira 18-20 buah sesuai selera, dan bentuklah bulat dan diamkan lagi kira-kira 20 menit agar mengembang
4. Jika sudah lubangilah pada bagian tengahnya, kemudian goreng dengan api sedang hingga matang kekuningan
5. Angkat dan tiriskan, jika sudah hangat bisa diguling-gulingkan pada gula bubuk khusus donat, atau juga bisa diolesi bahan-bahan pemanis lain sesuai selera anda.

0 comments:

Post a Comment