Cara Membuat Kerupuk Nasi aka Karak

Banyak sekali macam-macam kerupuk sebagai teman makan yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun ada beberapa yang paling sering atau paling umum untuk bisa kita jumpai dimana saja dan salah satunya adalah kerupuk nasi. Sesuai dengan namanya tentu saja kerupuk seperti ini terbuat dari bahan dasar nasi yang diberi adonan bumbu sehingga rasanya akan sangat gurih.

Seperti kerupuk-kerupuk lainnya jika kerupuk nasi juga sangat renyah ketika digigit dan sangat cocok untuk teman makan beragam jenis masakan sayur. Beberapa masyarakat ada yang mengenal kerupuk seperti ini dengan nama kerupuk gendar, selain itu ada juga yang menyebutnya sebagai kerupuk karak terutama di beberapa daerah di Jawa, kemudian ada yang menganggapnya sebagai kerupuk puli, kerupuk beras dan mungkin masih ada sebutan lainnya.

Sebagai salah satu jenis kerupuk yang paling populer ditengah masyarakat karena rasanya yang gurih dan harganya yang sangat murah, kerupuk nasi atau karak kemungkinan besar banyak sekali yang memproduksinya di berbagai daerah di Nusantara, sehingg kita akan sangat mudah untuk bisa mendapatkannya. Selain itu dibeberapa daerah di Jawa kerupuk seperti ini dianggap sangat cocok disajikan dengan masakan soto ayam, sehingga ada diantara mereka(termasuk saya^^) yang merasa seperti ada yang kurang jika makan nasi soto ayam tanpa kerupuk nasi atau karak seperti ini.

Memang kerupuk ini sangat mudah untuk bisa kita dapatkan dimana saja, namun ada kalanya jika kita juga membuatnya sendiri. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik ingin mencoba membuat kerupuk nasi atau karak seperti ini, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya dan selain itu yang pasti tanpa bahan tambahan seperti bleng.  
Bahan-bahan yang dibutuhkan
750 gram nasi
3 sendok kecil bawang putih bubuk
1,5 sendok kecil ketumbar bubuk
Garam, terasi dan Ebi secukupnya

Cara membuat
  • Campurkan bahan bumbunya kemudian berilah sedikit air, kemudian aduk hingga larut
  • Siapkan nasinya kemudian tuangkan bahan bumbu diatas dan uleni hingga bumbunya merata.
  • Jika sudah kemudian dikukus, sambil sesekali diaduk dan biarkan selama kira-kira 10 menit agar tanak
  • Angkat kemudian uleg hingga halus menggunakan ulegan("muntu" dalam bahas Jawa) yang dimasukan kantung plastik bersih.
  • Jika sudah ambil 1 sendok adonan kemudian, letakkan di atas plastik, dan tutup kembali dengan plastik. Kemudian giling tipis dengan alat penggiling, jika tidak ada bisa menggunakan permukaan samping botol bersih untuk menggiling dengan cara digilas.
  • Taruh adonan yang sudah digiling diatas tampah
  • Jika sudah semuanya kemudian jemur dibawah sinar matahari hingga kering
  • Gorenglah dengan minyak panas hingga matang dan mengembang.
Keterangan : ulegan atau muntu adalah batu atau kayu yang biasanya digunakan untuk melumatkan atau menghaluskan bumbu masak.

0 comments:

Post a Comment