Resep Roti Gambang-Kue Kering Tradisional Betawi

Masyarakat Betawi memiliki sebuah kue kering tradisional warisan leluhur yaitu apa yang dinamakan dengan roti Gambang. Sesuai dengan namanya yang unik konon kabarnya kue kering ini dinamakan demikian karena ada kemiripan dengan salah satu jenis alat musik tradisional Betawi yaitu Gambang Kromong. Selain itu kue seperti ini juga memiliki nama lain di Semarang Jawa Tengah yaitu dikenal dengan nama kue Ganjal Rel, karena masyarakat menganggap mirip dengan penyangga rel kereta api.

Kue atau roti Gambang berwarna cokelat yang agak pekat karena bahan pemanisnya terbuat dari gula aren, dan teksturnya kering agak keras namun ketika masuk kedalam mulut akan mudah lumer atau hancur. Jika dilihat dari segi rasanya kue Gambang memiliki rasa yang manis khas roti Gambang, sehingga disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan konon kabarnya roti Gambang sudah ada sejak jaman penjajahan belanda, yang terbuat dari sisa-sisa roti yang kemudian dimanfaatkan dan diolah lagi dengan cara menambahkan air larutan gula aren dan sedikit garam kemudian dikeringkan. Namun sekarang dijaman modern tentu saja roti kering seperti ini mengalami banyak perkembangan sehingga memiliki rasa yang lebih enak, dan pada bagian permukaannya ditaburi oleh wijen sehingga terlihat lebih menarik.

Namun sayangnya roti Gambang legendaris ini kemungkinan hanya banyak ditemui di daerah Betawi atau Jakarta, jika ada didaerah lain kemungkinan tidak banyak. Oleh karena itu jika anda belum pernah mencicipi nikmatnya roti Gambang seperti ini dan kesulitan untuk bisa menemukannya, yang terbaik adalah mencoba membuatnya sendiri. Jika anda tertarik berikut adalah salah satu resepnya 
Bahan-bahan yang dibutuhkan
325 gram tepung terigu protein sedang
125 gram tepung roti
200 gram  gula merah(pilih warna yang gelap)
50 gram gula pasir
1 butir telur ayam
75 gram margarine
100 ml air
1 sendok kecil soda kue
1 ½ sendok kecil baking powder
1 sendok kecil bubuk kayu manis
Wijen sangrai secukupnya untuk taburan

Cara membuat 
  1. Siapkan wadah dan campurkan beberapa bahan seperti tepung, gula pasir, baking powder, soda kue, kayumanis serta telur kemudian aduk hingga merata.
  2. Larutkan gula merah dengan direbus dengan air hingga meleleh
  3. Tuangkan larutan gula merah tersebut pada adonan nomor 1 sedikit demi sedikit sambil diuleni. Jika sudah masukan margarine dan aduk kembali hingga rata ,kemudian tutup dengan lap agak basah dan diamkan kira-kira setengah jam
  4. Ambil adonan kira-kira 50 gram kemudian bentuk lonjong dan pipihkan. Jika sudah taruh pada loyang yang sudah dioleh margarine, kemudian permukaan roti basahi dengan sedikit air dengan cara memakai kuas roti, dan taburilah wijen sangrai secukupnya.
  5. Jika sudah panggang didalam oven hingga matang dan mengering.

0 comments:

Post a Comment