Resep Sate Telur Puyuh Enak

Sate adalah salah satu masakan khas Indonesia yang memiliki ciri khas yaitu bahan yang dipotong kecil-kecil kemudian disajikan dengan ditusukan secara berderet pada tusuk sate yang terbuat dari bambu yang ditipiskan. Seperti kita ketahui semua jika sate secara umum terbuat dari daging-daging hewan, namun selain dari pada itu ada juga jenis sate lain yaitu yang terbuat dari telur puyuh, yang tentu saja kita semua pernah mencicipi kenikmatannya.

Sate seperti ini sebenarnya juga sudah sangat populer sejak lama, yang sering dijual di pasar-pasar tradisional, hingga warteg maupun penjual soto dan mie ayam sebagai tambahan lauk. Jika sate daging biasanya dimasak dengan cara dibakar, namun untuk sate telur puyuh secara umum dimasak dengan bumbu bacem atau dibacem untuk istilah Jawanya. Karena sate ini dimasak dengan cara dibacem tentu saja rasanya akan manis gurih bumbu bacem, sehingga banyak anak-anak yang suka dengan sate seperti ini.

Satu tusuk sate pada umumnya berisi minimal 4 telur puyuh hingga 7 atau 8 telur tergantung selera pembuatnya, dan panjang dari tusuk satenya. Makanan seperi ini sangat cocok dijadikan sebagai lauk untuk makan, bahkan jika kita hanya memakannya dengan nasi putih hangat saja juga sudah terasa nikmat. Namun selain itu sate seperti ini juga cocok untuk dimakan langsung sebagai camilan.

Sabagai masakan yang dimasak dengan cara dibacem sudah tentu banyak diantara anda yang sudah bisa membuat sate telur puyuh seperti ini, karena tinggal dibacem kemudian setelah masak tinggal ditusukan pada tusuk sate sesuai selera. Namun jika ada yang belum pernah membuatnya dan ingin mencobanya berikut adalah resepnya.
Resep Sate Telur Puyuh
30 butir telur puyuh
6 butir bawang merah kemudian haluskan
3 butir bawang putih kemudian haluskan
150 gram gula Jawa kemudian disisir
3 lembar daun salam
4 sdm ketumbar
3 cm lengkuas, memarkan
1,5 liter air
Garam dan asam(larutkan dengan sedikit air) secukupnya

Cara membuat
1. Rebuslah telur kemudian bersihkan kulitnya
2. Campurkan semua bahan bumbunya kemudian rebus dengan air sambil diaduk merata. Jika sudah masukan telur puyuh kemudian tunggu hingga telur berwarna kecokletan kurang lebih setengah jam
3. Jika sudah angkat, tiriskan dan dinginkan kemudian baru tusukan pada tusuk sate dengan jumlah sesuai selera. 

0 comments:

Post a Comment